Ika Sri Wahyuningsih, 1620960411 (2019) Re-Interpretasi Teknis Dan Non-Teknis Musik Kontemporer Sebagai Strategi Menurunkan Tingkat Kejenuhan Audiens. Masters thesis, ISI Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (956kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (928kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
||
|
Text
Naskah Publikasi.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Musik vokal abad 20 telah memberikan ruang di mana vokal disejajarkan dengan khazanah musik instrumental. Musik vokal banyak mengalami perluasan terutama dalam hal idiomatik, materi artistik dan juga cara-cara penyajiannya. Interpretasi dan ekspresi menjadi faktor utama kejenuhan audiens, oleh sebab itu interpretasi yang tepat menjadi kebutuhan mutlak, sehingga sajian dapat dilalukan secara artikulatif sesuai dengan kandungan material artistiknya. Tulisan ini membahas secara rinci tentang re-interpretasi “My Heart Leaps Up When I Behold” Karya Philip Corner untuk vokal tunggal. Dengan merunut proses dan pengolahan teknik yang bertujuan untuk membentuk penyajian yang prima, melalui pendekatan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur hasil reinterperetasi pada audiens yang difokuskan pada tingkat kejenuhan pemirsanya. Sebagai pendukung dalam penulisan artistik, kajian literatur banyak merujuk pada sumber tentang sejarah musik avant garde, interpretasi, ekspresi, audiens, komponis avant garde, dan literatur yang berhubungan dengan linguistik terutama hubungan antara puisi dan musik atau puisi dan lagu, serta literatur yang memberikan petunjuk bagaimana melakukan sebuah kuesioner di dalam musik. Penelitian ini menggunakan metode campuran, artistic research dan kuantitatif. Metode artistic research berbasis pada praktik (practice base) dan praktik sebagai perangkat kerja (practice driven). Artistic research berfokus pada kemungkinan, tantangan dan tuntutan penelitian artistik, mengartikulasikan kriteria penelitiannya sendiri berdasarkan karakteristik dan praktik individual. Penelitian ini memiliki sudut pandang pendekatan kombinasi penelitian yaitu kualitatif dan karakteristik khusus praktik artistik. Metode berikutnya yang digunakan adalah kuantitatif. Metode kuantitatif menekankan pada pengukuran objektif dan analisis statistik, matematika atau numerik dari data yang dikumpulkan melalui jajak pendapat, kuesioner dan survei atau dengan memanipulasi data statistik yang sudah ada sebelumnya menggunakan teknik komputasi. Metode ini berfokus pada pengumpulan data numerik dan menggeneralisasikannya dalam kelompok orang atau untuk menjelaskan fenomena tertentu.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | PPS ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Djohan | ||||
Uncontrolled Keywords: | Re-interpretasi, idiomatik, kontemporer | ||||
Subjects: | Seni Musik | ||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||
Date Deposited: | 11 Mar 2019 07:54 | ||||
Last Modified: | 11 Mar 2019 07:54 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4144 |
Actions (login required)
View Item |