PERANCANGAN CITY BRANDING KABUPATEN TEMANGGUNG SEBAGAI DESTINASI WISATA ALAM DAN BUDAYA

Sindu Lintang Ismoyo, 1412307024 (2018) PERANCANGAN CITY BRANDING KABUPATEN TEMANGGUNG SEBAGAI DESTINASI WISATA ALAM DAN BUDAYA. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Di zaman modern seperti saat ini, persaingan antar daerah di Indonesia dalam mempromosikan potensi wilayahnya semakin gencar saja. Banyak di antara daerah tersebut telah melakukan upaya branding yang bertujuan untuk membangun citra serta memperkenalkan potensi daerah masing-masing kepada masyarakat luas. Akan tetapi, Kabupaten Temanggung sendiri saat ini masih belum memiliki identitas visual atau brand yang memadai, sehingga belum ada arahan, atau identitas visual yang seharusnya dimiliki ketika hendak melakukan kegiatan promosi. Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan bagi Kabupaten Temanggung untuk ikut merancang sebuah identitas visual yang jelas dan dapat merepresentasikan potensi yang ada. Apalagi mengingat Kabupaten Temanggung termasuk daerah yang memiliki kekayaan wisata alam dan budaya, serta berada di lokasi strategis karena letaknya tepat di tengah-tengah propinsi Jawa Tengah. Tentunya Temanggung memiliki potensi besar apabila digarap dengan baik. Berangkat dari hal tersebut, penulis kemudian mengupayakan sebuah rancangan yang menarik sebagai wujud perancangan brand atau identitas visual yang jelas bagi Temanggung. Dalam hal ini, perancangan diwujudkan dalam Perancangan City Branding. City Branding dapat menciptakan satu merek atau identitas visual untuk kota sehingga dapat menjadi nilai jual bagi para masyarakat maupun pendatang. Metode perancangan yang digunakan yaitu analisis SWOT. Pada metode analisis SWOT menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Kabupaten Temanggung. Metode perancangannya dimulai dari tahap pengumpulan data, melakukan studi visual dan studi kasus di Kabupaten Temanggung, yang kemudian barulah dibuat konsep dan diwujudkan menjadi sebuah rancangan identitas visual beserta promosi yang jelas bagi Kabupaten Temanggung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Sindu Lintang Ismoyo, 1412307024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : M. Umar Hadi Petrus Gogor Bangsa
Uncontrolled Keywords: Temanggung, City Branding, Identitas Visual, Wisata Alam, Budaya
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:32
Last Modified: 12 Mar 2019 02:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4149

Actions (login required)

View Item View Item