Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm

Zintha DEFI, 1312275024 (2018) Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal fix Zhinta Defi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kosmetik adalah serangkaian produk yang fungsi dasarnya adalah merias, mempercantik, mengubah penampilan, memberi warna maupun dimensi. Saat ini dapat ditemukan pelbagai jenis kosmetik yang tersebar di pasaran luas, baik diperuntukkan bagi kaum perempuan maupun laki-laki. Hal tersebut mendorong produsen kosmetik untuk berlomba-lomba menonjolkan keunggulan produk agar dapat bersaing dalam kompetisi ritel Dalam kemunculannya theBalm cosmetics berhasil memupuk brand image dalam benak konsumen yaitu dengan menerapkan gaya visual desain retro pin up pada desain kemasannya. Namun beberapa diantaranya, terdapat figur maskulin yang mendominasi visual kemasan. Diasumsikan theBalm cosmetics memanfaatkan figur tersebut sebagai praktik komodifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, berupaya memaparkan representasi figur maskulin pada kemasan theBalm melalui teori analisis wacana kritis Teun A. van Dijk, dalam menganalisis menggunakan referensi teori desain kemasan, kemudian ditelaah menggunakan perspektif maskulinitas dan komodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya konten maskulin diterapkan pada kemasan theBalm. Nilai maskulin disisipkan dalam elemenelemen kemasan baik dalam elemen verbal maupun visual. Maskulinitas yang direpresentasikan dalam kemasan adalah maskulinitas yang diidealkan (hegemony masculinity) serta maskulinitas yang lebih lunak (soft masculinity). Penelitian ini membuktikan adanya praktik komodifikasi terhadap figur maskulin dimana figur tersebut sengaja dibubuhkan demi meraih keuntungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Zintha DEFI, 1312275024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Baskoro Suryo Banindro , Andika Indrayana
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, Kemasan, theBalm cosmetics, Maskulinitas, Komodifikasi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:58
Last Modified: 20 Mar 2019 02:58
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item View Item