Roni Nugraha, 1112132024 (2018) Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Batik Nature. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (944kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal TA_Roni Nugraha_1112132024.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Other (karya)
Karya TA-Roni Nugraha 1112132024.rar Restricted to Repository staff only Download (511MB) | Request a copy |
Abstract
Kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan kini semakin marak disosialisasikan, mengingat masih kurangnya kepedulian masyarakat akan tindakannya yang secara sadar maupaun tidak sadar, dalam jangka panjang dapat merusak alam, bahkan lingkungan tempat mereka tinggal. Faktor permasalahan lingkungan diantaranya disebabkan oleh kebutuhan Fun, Food dan Fashion. Dari faktor kebutuhan Fashion, Yogyakarta tak lepas dari yang namanya Batik. Dengan kata lain, produksi atau industri batik di kota ini cukup besar, berikut dengan potensi dampak limbahnya. Limbah yang dimaksud diantaranya limbah dari zat pewarna dan limbah fiksator atau pembangkit warna, di mana produsen batik (Home Industry dan UKM) yang ada sebagian besar masih menggunakan pewarna kimia (sintetis). Sesuai himbauan pemerintah maupun lembaga non pemerintah dan juga pemerhati lingkungan, adanya permasalahan tersebut perlu mendapat tanggapan serius, salah satunya dengan mensosialisasikan penggunaan Zat Pewarna Alami yang lebih ramah lingkungan sebagai alternatif penggunaan warna untuk batik. Untuk itu, perlu dibuat media komunikasi untuk mempromosikan atau memperkenalkan kembali Zat Warna Alam sebagai bahan produksi batik ramah lingkungan. Dalam hal ini, penulis mewujudkannya dalam perancangan Komunikasi Visual Kampanye, yang didukung dengan pengumpulan data, pengolahan studi visual, hingga perancangan konsep dan mewujudkannya dalam sebuah Pesan Visual yang dapat meningkatkan awareness dan menarik minat target khalayak terhadap Batik Warna Alami.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | IT. Sumbo Tinarbuko , Petrus Gogor Bangsa | ||||
Uncontrolled Keywords: | Kampanye, Komunikasi Visual, Lingkungan, Batik, Ramah Lingkungan, Pewarna alami | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 20 Mar 2019 07:57 | ||||
Last Modified: | 20 Mar 2019 07:57 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4173 |
Actions (login required)
View Item |