David Richard, 12100221432 (2018) PENYUTRADARAAN FILM FIKSI “RANAM” (LOOKING FOR LAND) DENGAN MENGGUNAKAN UNSUR KOMPOSISI DINAMIK. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (13MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (43MB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (686kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
||
|
Text
JURNAL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Film adalah media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan suatu pesan kepada sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat tertentu. Secara teknis dalam pembuatan film melibatkan orang-orang yang telah memilki kemampuan dibidang perfilman, salah satunya sutradara. Sutradara merupakan seorang yang bertanggung jawab atas hasil visual baik secara naratif maupun sinematik. Naratif yang diterapkan melalui adegan merupakan suatu realisasi dari cerita yang telah dikonsep dan didukung dengan sinematik sebagai penguat cerita. Konsep inilah yang diterapkan pada film “RANAM” (Looking For Land). Film “RANAM” (Looking For Land) merupakan sebuah cerita fiksi berlatarbelakang daerah & menggunakan bahasa daerah. Film ini menceritakan tentang seorang anak bernama Mlintang yang memiliki cita-cita menjadi seorang pemain bola yang profesional namun semangat dan cita-citanya terhalang dengan kondisi geografis (kampung terapung) yang tidak memungkinkan untuk Mlintang bermain bola dan juga konflik keluarga dikarnakan ibunya yang menginginkan Mlintang untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) ketika besar nanti. Tetapi, faktor tersebut tidak menyurutkan semangat Mlintang dan kawan-kawannya meskipun harus berlatih diatas perairan. Di akhir cerita, Mlintang mampu membuktikan kesuksesannya dan berhasil meraih restu dari Orang tuanya. Film ini menggunakan konsep komposisi dinamik sebagai bahasa visual untuk menyampaikan cerita. Penerapan komposisi dinamik juga sebagai suatu hal yang ingin disampaikan sutradara bahwa ada perubahan emosi para pemain yang disesuaikan disetiap adegan untuk memperkuat nilai film itu sendiri. Sutradara menentukan posisi objek tersebut ke dalam frame-nya sesuai tuntutan naratif serta estetik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Dyah Arum Retnowati Latief Rakhman Hakim | ||||
Uncontrolled Keywords: | Sutradara, Film Fiksi Ranam, Komposisi Dinamik | ||||
Subjects: | Televisi > Televisi | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | ||||
Depositing User: | sri SE endarti | ||||
Date Deposited: | 22 Mar 2019 06:28 | ||||
Last Modified: | 22 Mar 2019 06:28 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4188 |
Actions (login required)
View Item |