Ekky Cahyo Setiawan, NIM. 1311986013 (2019) Explorasi Bentuk Voicing Tiga Nada Pada Gitar Dengan Extended Dan Altered Chord. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
2. BAB I.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
||
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL - EKKY CAHYO SETIAWAN .pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
TUGAS AKHIR - Ekky Cahyo Setiawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Voicing merupakan aspek penting dalam permainan musik jazz yang pada perkembanganya menggunakan akor yang lebih kompleks dengan extended dan altered chord. Namun penerapan pada instrumen gitar relative menemui kesulitan, dikarenakan gitar memiliki keterbatasan jumlah nada dan teknik permainan tangan kiri yang terbatas pada empat jari. Oleh karena itu perlu adanya penelitian yang lebih eksklusif, menimbang aspek ini sangat berguna bagi para gitaris jazz dan sampai sekarang pembahasan topik ini masih belum ada yang utuh pada sebuah pembelajaran gitar, khususnya voicing tiga nada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan perspektif musikologis, antara teknik permainan gitar dengan konsep harmoni jazz, untuk memperoleh berbagai bentuk voicing tiga nada pada gitar yang dapat digunakan oleh para gitaris jazz. Penelitian ini berdasarkan referensi buku yang berkaitan dengan objek penelitian, yang kemudian dijadikan landasan teori. Dengan berdasar landasan teori, dilakukan eksplorasi bentuk voicing tiga nada pada gitar. Dari cara di atas, maka diperoleh jawaban, langkah melakukan eksplorasi adalah pemetaan string dan nada pada fretboard. Pemetaan nada bisa dengan menggeser nada yang berpatokan pada bentuk voicing awal. Kedua, memetakan nada yang sudah ditentukan dengan mengetahui formula akor, dipilih tiga nada penting dengan extended dan altered dan dipetakan dengan berbagai bentuk. Posisi dengan finger determination efektif digunakan karena menghasilkan tone yang bulat dan jelas. Posisi ini juga efisien karena tidak melakukan peregangan jari yang lebar dengan tekanan fretting yang tidak besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Royke B. Koapaha, | ||||
Uncontrolled Keywords: | voicing, tiga nada, gitar, extended, altered | ||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 28 Mar 2019 02:36 | ||||
Last Modified: | 28 Mar 2019 02:36 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4213 |
Actions (login required)
View Item |