Perubahan Peran Tokoh Pendukung Dalam Novel “Metropolis” Menjadi Tokoh Utama Dalam Penulisan Skenario Film Televisi “Metropolis” Untuk Meningkatkan Unsur Dramatik

Tya Dwi Putri Nurmahardika, 1410049432 (2018) Perubahan Peran Tokoh Pendukung Dalam Novel “Metropolis” Menjadi Tokoh Utama Dalam Penulisan Skenario Film Televisi “Metropolis” Untuk Meningkatkan Unsur Dramatik. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Pages from SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB 2 Pages from SKRIPSI-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Pages from SKRIPSI-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Pages from SKRIPSI-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Pages from SKRIPSI-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 6 Pages from SKRIPSI-6.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL 1410049432.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
Lampiran Pages from SKRIPSI-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB) | Request a copy
[img] Other (novel)
SCAN NOVEL.rar
Restricted to Repository staff only

Download (371MB) | Request a copy

Abstract

Media film memiliki sebuah desain penyampaian cerita atau gagasan yaitu skenario. Adaptasi literatur bukan fenomena yang asing dalam sinema. Karya sastra menjadi sumber cerita yang paling memungkinkan untuk dikembangkan menjadi skenario film. Skripsi karya seni berjudul Perubahan Peran Tokoh Pendukung Dalam Novel “Metropolis” Menjadi Tokoh Utama Dalam Penulisan Skenario Film Televisi “Metropolis” Untuk Meningkatkan Unsur Dramatik. Novel “Metropolis” karangan Windry Ramadhina melatarbelakangi ide penciptaan penulisan skenario film televisi dengan judul yang sama yaitu “Metropolis”. Tema drama kriminal pada skenario “Metropolis” ini dapat menjadi tontonan alternatif dari film televisi yang sudah ada dengan genre thriller misteri. Skenario film televisi “Metropolis” dengan durasi 90 menit ini, menceritakan kisah pengungkapan kasus pembunuhan berantai para pimpinan sindikat mafia narkotika Indonesia bernama Sindikat 12. Proses adaptasi skenario ini dikembangkan secara independen menggunakan pendekatan adaptasi literal menurut Louis Giannetti, dengan mengubah peran tokoh Miaa yang semula dalam novel adalah tokoh pendukung menjadi tokoh utama dalam skenario. Tokoh Miaa dalam novel merupakan karacter victim, sedangkan dalam skenario diwujudkan sebagai karakter hero. Karakter hero tersebut ditunjukan bahwa Miaa memiliki kekuatan untuk mengungkapkan kasus pembunuhan tersebut. Skenario ini ingin mengajak penonton untuk mengambil pesan bahwa pada setiap diri manusia tidak ada yang sepenuhnya baik maupun jahat, akan tetapi pastilah memiliki jiwa kemanusiaan meskipun ia terlibat pada dunia kejahatan sekalipun. Konsep perubahan peran tokoh ini digunakan untuk meningkatkan unsur dramatik cerita yang terdiri dari konflik, suspense, surprise, dan curiosity. Perubahan peran tokoh tersebut bertujuan pula untuk mengantarkan cerita menjadi lebih intens yang membuat pembaca atau penonton menunggu hingga akhir cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Tya Dwi Putri Nurmahardika, 1410049432UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Endang Mulyaningsih, Agnes Karina Pritha Atmani
Uncontrolled Keywords: Skenario Adaptasi, Peran Tokoh, Unsur Dramatik
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 04 Apr 2019 05:13
Last Modified: 04 Apr 2019 05:13
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item View Item