Perancangan Motion Comic Cerita Rakyat “Jaka Kendil” Sebagai Pembentukan Karakter Anak

Agustinus Beni Proklamasi, 091 1886 024 (2015) Perancangan Motion Comic Cerita Rakyat “Jaka Kendil” Sebagai Pembentukan Karakter Anak. Skripsi thesis, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Perancangan motion comic ini dibuat karena banyak orangtua yang mengalami masalah dalam menanamkan pembelajaran pembentukan karakter kepada anak.Motion komik yang dihasilkan dari proses perancangan ini berupa CD, digunakan sebagai alat bantu pembelajaran untuk memperkenalkan lebih dalam bagaimana pembentukan karakter seorang anak bisa diajarkan saat anak pada umur ini. Tujuannya supaya anak dapat lebih memahami, dapat memilah dan memilih mana perbuatan yang bisa mengembangkan karakternya dengan baik.Topik yang diambil adalah budaya menceritakan cerita rakyat yang sudah mulai ditinggalakan, padahal cerita rakyat sarat dengan nilai budi pekerti.Nilai-nilai tersebut merupakan faktor yang bisa menumbuh kembangkan pemahaman seorang anak sehingga anak bisa membiasakan perilaku yang baik dan menjauhi yang tidak. Pengetahuan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat dapat diberikan kepada anak sehingga anak tumbuh seseuai dengan apa yang orang tua nginkan dan karakter anak pun bisa semakin terarah. Agar perancangan motion comic ini dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh anak maka dibutuhkan analisis data mengenai permasalahan sifat anak pada jaman sekarang dan metode pengumpulan data untuk menentukan tema dan media.Motion comic dinilai merupakan media yang tepat untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran pembentukan karakter pada anak. Motion comic ini mencakup deskripsi, gambar, animasi, suara, musik, dan interaksi tokoh utama terhadap penikmat motion comic. Dengan menggunakan media yang baru, diharapkan anak akan lebih menyukai tentang media pembelajaran yang tidak bersifat monoton seperti yang dilakukan pada setiap sistem belajar mengajar pada biasanya. Media ini dirancang agar sistem belajar mengajar anak lebih kreatif dan menuntut anak agar lebih aktif berinteraksi dalam kegiatan bersosial baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Perancangan ini juga bermanfaat bagi masyarakat untuk memperkenalkan media pembelajaranyang baru, yang lebih inovatif,dan menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motion comic, komik, pembelajaran, pembentukan karakter, anak,psikologi, audio visual, komunikasi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 04 Jun 2015 06:07
Last Modified: 04 Jun 2015 06:07
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item