Marhafis Lutfi Anggrianor Pahlevi, 1411806022 (2019) Transformasi Origami Bentuk Ayam dalam Karya Keramik Seni. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Other (Foto)
FOTO.rar Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Video (Karya)
KARYA.mp4 Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL.pdf Download (3MB) |
Abstract
Origami adalah seni melipat kertas dari Jepang, namun pada zaman sekarang origami semakin terkikis di zaman melenial ini. Belajar membuat origami dengan konsisten dapat bermanfaat diantaranya dapat meningkatkan kreativitas dan motoric halus anak, karena membuat origami membutuhkan ketelitian dan imajinasi sehingga saraf otak akan bekerja dengan baik. Selain origami dalam penciptaan ini tersirat sebuah pesan yang ingin disampaikan ke pada masyarakat terhadap binatang yang diberi perwarna kimia contohnya pada ayam warna-warni. Tujuan pembuatan karya ini adalah memberikan kritikan tentang penggunan bahan perwarna kimia baik itu makanan ataupun mahluk hidup, demi meraup keuntungan semata tampa memperhatikan kesehatan konsumennya. Metode Pendekatan yang digunakan adalah Estetika dan Semiotika. Metode Penciptaan yang dipakai menggunakan metode Practice-Based Research dan Tiga Tahap Enam Langkah Proses penciptaan Seni Kriya. Proses penciptaan ini menggunakan tanah liat stoneware, selanjutnya di bentuk menggunakan teknik slab (lempeng) dengan cara menggeroll tanah liat sampai berbentuk lempengan. Tanah liat yang sudah berbentuk lempengan, selanjutnya di potong-potong sesuai pola yang sudah dibuat terlebih dahulu. Selanjutnya potongan disatukan dengan air plastis dan pada saat magel (kondisi tanah setengah kering) dilapisi engobe pada permukan karya. Selanjutnya karya akan melalui proses pembakaran biskut, selanjutnya masuk proses finishing dengan menggunakan glasir yang berwarna-warni dengan cara disemprot dan dikuas. Selanjutnya karya akan melalui proses pembakaran glasir. Karya yang dihasilkan berjumlah delapan karya, dua diantaranya adalah karya instalasi yang digantung dan disusun dalam jumlah banyak. Judul-judul yang dihasilkan adalah karya pertama dengan judul “Melarikan Diri”, karya kedua dengan judul “Kasih Sayang Ibu”, karya ketiga dengan judul “Rutinitas”, karya keempat dengan judul “Bang Ning Jo”, karya kelima dengan judul “Jaga Kadang”, karya keenam dengan judul “Ayam Jaman Now”, karya ketujuh dengan judul “Cross Cricle”, dan kedelapan dengan judul “Di Siksa”. Semua karya ini menggunakan tanah liat stoneware, selanjutnya dikerjakan dengan teknik slab, dilapisi engobe, melalui pembakaran biskuit, finishing glasir oksida, dan pembakaran glasir. Kata Kunci: Transformasi, Origami, Bentuk Ayam, Keramik
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Dwita Anja Asmara; Rispul | ||||
Uncontrolled Keywords: | Transformasi, Origami, Bentuk Ayam, Keramik | ||||
Subjects: | Kriya > Kriya Keramik | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Keramik | ||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | ||||
Date Deposited: | 14 May 2019 04:35 | ||||
Last Modified: | 14 May 2019 04:35 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4352 |
Actions (login required)
View Item |