Perancangan Interior Terminal Bandara Internasional Lombok (Bil), Praya, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Winda Herliana Januar, NIM 101 1749 023 (2015) Perancangan Interior Terminal Bandara Internasional Lombok (Bil), Praya, Nusa Tenggara Barat (NTB). Skripsi thesis, Program Studi Desain Interior, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6 bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
7 bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
8 bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
9 bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
10 bab V.pdf

Download (736kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Bandara Internasional Lombok (BIL) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa transportasi udara, di bawah pengawasan PT. Angkasa Pura I (Persero). Bandara ini mengusung prinsip green design sebagai wujud dari kontribusi perusahaan terhadap lingkungan hidup dalam rangka mewujudkan visinya yakni menjadi salah satu perusahaan pengelola bandar udara terbaik di Asia. Selain itu, sebagai pintu gerbang masyarakat Sasak, Lombok, tentunya Bandara Internasional Lombok (BIL) juga ingin memperkenalkan kebudayaan Lombok itu sendiri kepada para pengunjung, sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan sektor pariwisata pulau Lombok. Perancangan ini bertujuan untuk dapat menampung dan merefleksikan keinginan perusahaan tersebut ke dalam desain interior area Check-in Hall, Waiting Room (domestic), Waiting Room (international), dan Food Court yang terdapat pada gedung terminal Bandara. Maka terpilihlah gaya modern dengan tema Tipologi Alam Pulau Lombok. Lebih khusus lagi, penerapan gaya dan tema ini lebih diutamakan dalam "irama alam" (rhythm of nature) yang sebagaimana kita pahami bahwa alam menyimpan sebuah kekuatan (power) dan nyawa yang dinamis. Di alam, kita dapat memperoleh berbagai prinsip-prinsip dasar komposisi dalam mendesain. Pemilihan tema rhythm of nature ini pula merupakan hasil pertimbangan bahwa desain sebuah terminal bandara memiliki sebuah "nyawa" yang dinamis dengan segala aktivitas dan pergerakan yang cepat dan tepat di dalamnya. Karya desain ini menggunakan metode perancangan proses desain yang terdiri dari analisa dan sintesa yang mengumpulkan keseluruhan data-data lalu mengolahnya menjadi alternatif desain yang dapat memberikan hasil solusi optimal. Penerapan gaya modern dan tema Tipologi Alam Pulau Lombok serta prinsip Environmentally Responsible Design (ERD) dan elemen-elemen interior pendukung lainnya diharapkan dapat mengoptimalkan aktivitas dan pergerakan dalam sebuah terminal bandara bertaraf internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interior, terminal bandara internasional, pariwisata, ERD, modern, tipologi alam, green design, Check-in Hall, Waiting Room (domestic), Waiting Room (international), Food Court
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 04 Jun 2015 06:21
Last Modified: 04 Jun 2015 06:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item