Wacana Lokalitas dalam Desain Iklan Indoeskrim - Kisah Legenda Nusantara (3’)

Yunita Dian Maharani, 1410121124 (2019) Wacana Lokalitas dalam Desain Iklan Indoeskrim - Kisah Legenda Nusantara (3’). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (917kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat pada masa ini menuntut semua orang untuk memahami apa yang disajikan dalam media. Tidak dapat dipungkiri, khalayak sudah banyak terpaparberbagai macam iklan baik di media cetak maupun elektronik. Iklan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan brand awareness, maka dari itu konsep kreatif setiap iklan memiliki keunikan tersendiri. Salah satu iklan yang menjadi sorotan sepanjang tahun 2017 adalah iklan Indoeskrim – Kisah Legenda Nusantara (3’) yang muncul dengan format film pendek dan mengangkat tema-tema lokalitas. Sehingga dalam waktu singkat, iklan tersebut dapat memunculkan minat yang besar terhadap konsumsi Indoeskrim Nusantara, dan menjadi viral dikalangan warganet. Indoeskrim – Kisah Legenda Nusantara (3’) merupakan salah satu yang menggunakan wacana sebagai strategi untuk mengkonstruksi konsep-konsep lokalitas yang ada di dalam iklan. Untuk mengetahui konsep dan wacana yang dibangun, penelitian menggunakan metode analisis wacana kritis model Teun A. van Dijk yang memiliki tiga dimensi yaitu dimensi teks, dimensi kognisi sosial, dimensi konteks sosial. Ketiga dimensi tersebut digunakan untuk memahami bagaimana wacana lokalitas direpresentasikan dalam iklan dan praktik wacana yang ditimbulkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya wacana yang terkandung dan dikonstruksikan sebagai wacana lokalitas bagi khalayak. Sikap khalayak dapat mempengaruhi setiap wacana yang muncul. Dalam iklan ini, lokalitas diposisikan sebagai sebuah komoditas yang dapat dengan mudah diterima khalayak. Penggunaan teknik persuasi dalam iklan melalui humor dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand recognition produk tersebut. Sehingga wacana yang dikonstruksikan merujuk pada sebuah kepentingan ekonomi kapitalis. Masifnya respond khalayak terhadap iklan dapat memberikan keuntungan bagi pihak-pihak yang terkait dalam iklan Indoeskrim – Kisah Legenda Nusantara (3’). Kata Kunci: Lokalitas, Indoeskrim Nusantara, Media Komunikasi, Iklan Film Pendek, Iklan Humor, Analisis Wacana Kritis, Teun A. van Dijk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Yunita Dian Maharani, 1410121124UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Arif Agung Suwasono; Daru Tunggul Aji
Uncontrolled Keywords: Lokalitas, Indoeskrim Nusantara, Media Komunikasi, Iklan Film Pendek, Iklan Humor, Analisis Wacana Kritis, Teun A. van Dijk
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 23 May 2019 02:49
Last Modified: 23 May 2019 02:49
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item