PERANCANGAN CONCEPT ART GAME “CIUNG WANARA UDAGAN KASAMPURNAAN”

Wulanda Apriliani R., 1312294024 (2019) PERANCANGAN CONCEPT ART GAME “CIUNG WANARA UDAGAN KASAMPURNAAN”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Mobile game adalah sebuah platform permainan interaktif melalui smartphone yang melibatkan pemain merasakan dunia dalam game. Menjamurnya pengguna smartphone memberikan kesempatan baik bagi pengembang mobile game. Namun, hal tersebut juga berarti menjamurnya aplikasi mobile game, karena itu perlu adanya promosi untuk menarik minat masyarakat. Metode yang digunakan dalam perancangan buku concept art ini adalah metode kualitatif, yaitu teknik pengumpulan data berdasarkan data primer dan sekunder. Data primer adalah teknik pengumpulan data yang diperoleh dari sumber asli seperti buku, narasumber, jurnal maupun literatur. Data-data tersebut antara lain: tipologi video game, model concept art, style karakter dan desain environment untuk game. Sedangkan data sekunder yaitu pengumpulan data dari berbagai sumber yang sudah ada, seperti kepustakaan atau media lainnya. Data tersebut antara lain: artikel atau berita mengenai perkembangan video game di Indonesia dan dokumentasi yang berkaitan dengan perancangan baik didapat melalui internet maupun pribadi. Concept art yaitu panduan yang didalamnya berisikan materi aset visual dan keterangan elemen-elemen concept art untuk sebuah game. Perancangan buku concept art ini dikerjakan dengan mengolah semua data yang didapat menjadi elemen-elemen concept art yaitu karakter, senjata, environment dan obyek lainnya. Gaya gambar realis dipadukan dengan perubahan gaya kartun bertema fantasi ala Japanese Role Playing Games bernuansa kode budaya Sunda. Elemen-elemen concept art tersebut dikerjakan dengan menggunakan aplikasi gambar digital, oleh sebab itu proses menggambar yang dilalui adalah sketsa, outline, menentukan warna dasar, shading dan terakhir pemberian efek atau finishing. Buku concept art ini bertujuan sebagai media promosi juga acuan bagi pengembang game, programmer dan artist dalam industri game. Selain itu, perancangan buku ini sebagai pengingat akan pelestarian cerita rakyat agar bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya. Buku concept art ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi setiap kalangan untuk turut melestarikan cerita rakyat dan mendukung perkembangan industri game Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Wulanda Apriliani R., 1312294024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Arif Agung Suwasono Andi Haryanto
Uncontrolled Keywords: Concept Art, Mobile Game, Cerita Rakyat, Ciung Wanara, Ciamis
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 18 Jun 2019 07:15
Last Modified: 18 Jun 2019 07:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item View Item