Perancangan Concept Art Game “Katsvari”

Prisma Simpati Rianirsidi, 0711600024 (2014) Perancangan Concept Art Game “Katsvari”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (740kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Karya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216MB) | Request a copy

Abstract

Concept art merupakan salah satu elemen penting yang tak dapat dipisahkan dalam proses produksi. Berbagai produk dan media saat ini membutuhkan concept art sebagai sumber inspirasi visual sebagai alternatif visual sebelum proses produksi dimulai. Film animasi dan video game adalah beberapa bidang yang membutuhkan concept art sebagai faktor krusial dalam proses pra-produksi. Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan concept art untuk video game "Katsvari" yang mengambil tema edukasi informal terhadap satwa langka endemik Indonesia yang kian terancam keberadaannya. Menggunakan metode asimilasi bentuk geometris dengan distorsi pada bentuk nyata satwa endemik Indonesia untuk menciptakan sebuah karakter permainan yang menarik secara visual. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain observasi, studi literatur, analisis data, dan studi bentuk visual. Perancangan ini menghasilkan sebuah karya concept art yang berisi kumpulan ilustrasi dua dimensi dan alternatif karya desain tokoh atau karakter, dan lokasi tempat dimana permainan berlangsung. Beberapa aspek yang dapat mempengaruhi ketertarikan seseorang dalam memainkan sebuah game antara lain, aspek visual, gameplay, storyline, dan tingkat kesulitan sebuah game, terlepas dari genre apapun yang diusung game tersebut. Aspek visual dan storyline, dapat dirangkum dalam sebuah concept art yang dapat dijadikan sebagai collectible item bagi penggemar. Perancangan ini diharapkan dapat berguna bagi masyarakat ataupun insan seni yang berniat untuk mendalami dunia seni konsep game dan ilustrasi, serta dapat menjadi contoh yang baik untuk menerapkan satwa endemik Indonesia menjadi sebuah konsep game yang menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Prisma Simpati Rianirsidi, 0711600024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Prayanto W.H. NIDN.0011026307, Indiria Maharsi NIDN.0009097204
Uncontrolled Keywords: Concept Art, Game, Satwa Endemik Indonesia, Video Game
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:39
Last Modified: 29 Jul 2019 03:39
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4641

Actions (login required)

View Item View Item