Fortunata Tyasrinestu, 0023107201 (2017) Peran Seni sebagai Media Persaudaraan dan Perdamaian dalam Pembelajaran BIPA. Prosiding Konfrensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing X Tahun 2017. pp. 144-150.
Text
Peran Seni sebagai Media.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada saat ini hampir setiap waktu berbagai informasi tentang pertikaian, perselisihan, dan krisis saling menghormati dalam toleransi kita terima. Berbagai kelompok dalam masyarakat lebih mengedepankan ego superioritasnya dibandingkan dalam menjaga kebersamaan dan perdamaian. Seni sebagai media untuk mengekspresikan diri ditengarai mampu mengekspresikan dan menjadi media merefleksikan dinamika sosial budaya yang mempunyai potensi yang bersifat universal dan kontekstual sebagai penggerak kesadaran untuk semangat toleransi, menjaga keberagaman, dan membangun perdamaian. Seni yang dipakai salah satunya adalah melalui aktivitas bernyanyi, bermusik, dan memainkan gamelan dalam kelompok karawitan Gangsa Nagari baik secara pasif maupun aktif yang digunakan dalam pembelajaran BIPA. Pembelajaran melalui aktivitas seni akan memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan sekaligus menjadi sarana untuk saling mengenal dan menjalin persaudaraan dan perdamaian di antara mahasiswa dari berbagai negara.
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | peran seni, pembelajaran BIPA, aktivitas seni | ||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Divisions: | Repository ISI Yogyakarta | ||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | ||||
Date Deposited: | 03 Sep 2019 02:17 | ||||
Last Modified: | 03 Sep 2019 07:30 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4690 |
Actions (login required)
View Item |