Suita Tiga Ekspresi (Sebuah Komposisi Musik Untuk Bigband)

Winardi, 1011564013 (2015) Suita Tiga Ekspresi (Sebuah Komposisi Musik Untuk Bigband). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Karya Suita Tiga Ekspresi untuk big band, pada dasarnya dipengaruhi oleh keinginan penulis untuk membuat sebuah karya musik tentang kehidupan pribadi penulis. Tujuan penciptaan karya ini adalah mengemukakan isi dari perasaan penulis yang berupa kesedihan, kebahagiaan, dan kemarahan. Proses penciptaan karya ini memiliki tahapan-tahapan dalam penggambaran tiga ekspresi melalui musik. Tahapan tersebut antara lain menentukan ekspresi, menentukan kejadian-kejadian berdasarkan ekspresi, kemudian mempertimbangkan penggunaan unsur-unsur musik yang ada untuk mewujudkan penggambaran ketiga ekspresi tersebut. Karya ini dibuat berdasarkan pengalaman hidup penulis serta peninjauan pustaka mengenai makna dari ekspresi sehingga kejadian-kejadian yang dialami dapat dikelompokan ke dalam ekspresi-ekspresi yang ada. Berdasarkan pertimbangan tersebut, penulis mengelompokan tiga ekspresi yang umum dirasakan oleh manusia, yaitu sedih, bahagia, dan marah yang di dalamnya terdapat kejadiankejadian yang mewakili masing-masing ekspresi. Berbagai macam teknik digunakan, baik dalam teknik komposisi maupun teknik pada instrumentasinya untuk lebih dapat menggambarkan perasaan penulis. Penulis kerap menggunakan teknik komposisi seperti repetisi, imitasi, eliminasi, augmentasi, dan pengembangan. Sedangkan dalam instrumentasinya penulis menggunakan teknik glissando dan penggunaan mute.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Musik, Suita, Ekspresi, Big Band, sedih, bahagia, marah, psikologi, repetisi, imitasi, eliminasi,augmentasi, pertunjukan
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 08 Jul 2015 03:29
Last Modified: 08 Jul 2015 03:29
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item