Sugiarto, Asal (1994) Pola Garap Tabuhan Bonang Penerus Dalam Penyajiannya Gending Gaya Jawa Timuran. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
Bab 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tabuhan bonang penerus merupakan salah satu ciri yang dapat membedakan antara suatu gaya karawitan. Dalam penyajian karawitan Jawa Timuran, bonang penerus termasuk ricikan garap yang berperan sebagai penghias lagu, imbal dengan saron peking dan bonang babok. Tabuhan bonang penerus dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu : nggembyang, ngracik, dan mbandrek. Untuk menggarap balungan ngadal, bagi bonag penerus dan bonang babok balungan ngadal dianggap saja sebagai balungan nibani atau mlaku, dengan tujuan: untuk mempermudah cara menabuh, sehingga pada balungan ngadal cara menggarapnya mempunyai pedoman yang sama dengan balungan nibani atau mlaku.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | KODEPRODI91211#SENI KARAWITAN | ||||
Uncontrolled Keywords: | tabuhan bonang penerus, gending, Jawa Timuran | ||||
Subjects: | Karawitan | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 11 Sep 2019 08:21 | ||||
Last Modified: | 11 Sep 2019 08:21 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4777 |
Actions (login required)
View Item |