Priscilia Panti Meyrina, NIM. 1012004024 (2015) Kajian Semiotika Perubahan Maskot Majalah Anak-Anak ‘Bobo’ Pada Tahun 1973, 2007, Dan 2009. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
13. Bab I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
14. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
||
Text
16. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
17. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
Text
21. Bab V.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
22. Daftar Pustaka.pdf Download (787kB) | Preview |
|
Text
24. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
LAMPIRAN Katalog_Priscilia.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
LAMPIRAN Skema 4.1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
LAMPIRAN Skema 4.2.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) | Request a copy |
||
Text
LAMPIRAN Skema 4.3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Majalah anak-anak “Bobo” telah berkiprah di Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Selama itu pula, majalah “Bobo” berdinamika bersama pembaca dengan cara menyuguhkan konten dan visual, yang sesuai dengan pembacanya. Dinamika tersebut tampak dari maskot, bernama “Bobo”, yang selalu hadir di majalah untuk menyapa dan berkomunikasi dengan pembaca. Setiap maskot tentunya memiliki makna yang mampu menyampaikan visi dan misi sebuah brand. Selama empat puluh tahun berkiprah, majalah “Bobo” sudah mengalami enam kali perubahan maskot. Dari enam bentuk maskot tersebut, dipilih tiga maskot yang dianggap mewakili perubahan yang terjadi di masyarakat. Analisis dengan menggunakan teori semiotika dilakukan untuk mengungkap makna yang terkandung dalam maskot. Perubahan-perubahan tersebut disebabkan oleh berubahnya selera target audience dari majalah “Bobo”. Sedangkan perubahan selera pembaca disebabkan oleh adanya faktor eksternal yang dialami oleh anak-anak, sebagai pembaca majalah “Bobo”. Adanya perubahan trend pada cara berpakaian, hadirnya artis cilik yang menyanyikan berbagai lagu anak-anak, hingga penampilan idola cilik yang menjadi panutan pembaca, mampu menjadi petunjuk selera pembaca majalah “Bobo”. Penampilan maskot majalah anak-anak “Bobo” ini berubah dengan mengikuti selera pembacanya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa maskot berubah dengan mengikuti selera pembaca. Makna yang terkandung pada maskot juga merepresentasikan kondisi pembaca pada tahun-tahun tertentu. Majalah anak-anak “Bobo” merupakan majalah yang cerdik karena menggunakan maskot yang memiliki fleksibilitas tinggi, sehingga maskot dapat menyesuaikan selera pembaca dan pembaca menjadi loyal terhadap “Bobo”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta | ||||
Uncontrolled Keywords: | Majalah anak, Bobo, maskot, semiotika, idola cilik, berita, pendidikan | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 09 Jul 2015 05:18 | ||||
Last Modified: | 09 Jul 2015 05:18 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/488 |
Actions (login required)
View Item |