Perancangan Film Animasi Pendek 3d Tentang Dampak Buruk Junk Food

Tatag Yongki Brata, 0911929024 (2015) Perancangan Film Animasi Pendek 3d Tentang Dampak Buruk Junk Food. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (564kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Sebagai masyarakat modern kita tentu sering mendengar istilah fast food dan junk food. Pada dasarnya kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. Junk food bisa diartikan makanan sampah atau makanan yang kandungan nutrisinya sangat rendah. Sedangkan fast food adalah makanan cepat saji. Permasalahan yang terjadi adalah masyarakat terkadang masih sulit membedakan kedua istilah tersebut. Memang sebagian besar fast food yang kita kenal, khususnya western fast food bisa dikelompokkan kedalam jenis junk food. Dalam hal ini istilah junk food yang seharusnya lebih mendapatkan perhatian lebih karena jika junk food di konsumsi secara berlebihan maka dampaknya akan menganggu kesehatan karena kandungan lemak yang besar, banyak mengandung garam, dan rendah vitamin. Permasalahan tersebut melatar belakangi penulis untuk mengangkatnya kedalam film animasi pendek 3D. Dalam film animasi ini terdapat karakter yang dihidupkan dari makanan-makanan jenis junk food yang dekat dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk menginformasikan bahwa junk food bukan hanya makanan yang kita jumpai di restoran cepat saji. Bahkan makanan yang kita masak sendiri bisa jadi junk food yang apabila salah cara mengolah dan dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti obesitas, radang usus, dan jantung koroner. Kesimpulan yang dapat diambil dari perancangan film animasi “Junk food” ini adalah penggunaan film animasi sebagai media dalam rangka menginformasikan bahwa konsumsi junk food secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Selain itu masyarakat diajak mengenal jenis junk food, bukan hanya makanan yang kita makan di restoran cepat saji saja. Film animasi pendek 3D berjudul “Junk food” ini diharapkan menarik perhatian masyarakat, sehingga isi pesan dari film “junk food” bisa diresapi penontonnya bahwa memilih menu makanan bisa menghindarkan kita dari gangguan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film pendek, Film animasi 3D, Film animasi 3D Junk food, Junk food, 3D, restoran cepat saji, menu makanan, gangguan kesehatan
Subjects: Fotografi
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 14 Jul 2015 01:33
Last Modified: 14 Jul 2015 01:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item