Redesain Kemasan Minuman Tradisional Wedang Uwuh Berbasis Budaya Produksi Sekar Bantul

Alberta Gama Ria. W, NIM 1112202024 (2014) Redesain Kemasan Minuman Tradisional Wedang Uwuh Berbasis Budaya Produksi Sekar Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pada saat ini fungsi kemasan tidak hanya melindungi sebuah produk namun juga harus mampu menjual produknya. Wedang Uwuh Sekar adalah produk minuman tradisional yang menempatkan diri sebagai oleh - oleh khas Yogyakarta, dalam upaya memberikan identitas dan ciri khas sebagai cara untuk mencitrakan diri menjadi oleh-oleh khas yang mampu mewakili citra Yogyakarta maka redesain kemasan Sekar menjadi salah satu cara yang harus dilakukan. Dengan mengacu dari data literatur mulai dari sejarah, fungsi dan bentuk kemasan, serta perumusan analisis SWOT kemudian dirancanglah redesain kemasan Wedang Uwuh Sekar. Perancangan kali ini mengangkat tema tentang budaya yaitu sejarah wedang uwuh, dimana sejarah wedang uwuh ditemukan oleh abdi dalem. Sampai saat ini kehadiran abdi dalem merupakan sebuah pengabdian yang besar tanpa pamrih terhadap sebuah budaya. Hasil perancangan kemasan minuman tradisional Wedang Uwuh Sekar berbasis budaya ini adalah: (1) Perancangan kemasan ini mengangkat figur abdi dalem yang keberadaannya sangat kuat berhubungan kebudayaan di Keraton Yogyakarta. (2) Kemasan ini bertema pengabdian yang besar tanpa pamrih dari abdi dalem terhadap sebuah budaya yang dapat menginspirasi banyak orang terutama generasi muda. (3) Terciptanya kemasan minuman tradisional berbasis budaya ini diharapkan dapat turut serta berpartisipasi melestarikan budaya di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemasan, Minuman tradisional, Budaya, Wedang uwuh, Abdi dalem, khas Yogyakarta, promosi,wisata kuliner
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 14 Jul 2015 02:01
Last Modified: 14 Jul 2015 02:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item