Buku Penilaian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Berbasis Kompetensi: Memainkan Repertoar Gitar Klasik Grade 7

Indrawan, Andre (2018) Buku Penilaian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Berbasis Kompetensi: Memainkan Repertoar Gitar Klasik Grade 7. [Teaching Resource]

[img] Text
04 BUKU PENILAIAN 2018-Gitar 7.pdf

Download (202kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Buku penilaian untuk unit kompetensi Memainkan Repertoar Gitar Klasik Grade 7 dibuat sebagai konsekuensi logis dalam pelatihan berbasis kompetensi yang telah menempuh tahapan penerimaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja melalui buku informasi dan buku kerja. Setelah latihan-latihan (exercises) dilakukan berdasarkan buku kerja maka untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimilikinya perlu dilakukan uji komprehensif secara utuh per unit kompetensi dan materi uji komprehensif itu ada dalam buku penilaian ini. Adapun tujuan dibuatnya buku penilaian ini, yaitu untuk menguji kompetensi peserta pelatihan setelah selesai menempuh buku informasi dan buku kerja secara komprehensif dan berdasarkan hasil uji inilah peserta akan dinyatakan kompeten atau belum kompeten terhadap unit kompetensi Memainkan Gitar Klasik Grade 7. Metoda Penilaian yang dilakukan meliputi penilaian dengan opsi sebagai berikut: 1. Metoda Penilaian Pengetahuan yang meliputi Tes Tertulis Untuk menilai pengetahuan yang telah disampaikan selama proses pelatihan yang dijawab secara tertulis juga. Untuk menilai pengetahuan dalam proses pelatihan materi tes disampaikan lebih dominan dalam bentuk obyektif tes, dalam hal ini benar-salah, dan pilihan ganda. Tes essay bisa diberikan selama tes essay tersebut tertutup, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi faktor subyektif penilai.Tes wawancara dilakukan untuk menggali atau memastikan hasil tes tertulis sejauh itu diperlukan. Tes wawancara dilakukan perorangan antara penilai dengan peserta uji/ peserta pelatihan. Penilai sebaiknya lebih dari satu orang. Metoda Penilaian Keterampilan meliputi tes Tes Simulasi untuk menilai keterampilan dengan menggunakan media bukan yang sebenarnya, misalnya menggunakan tempat kerja tiruan (bukan tempat kerja yang sebenarnya), obyek pekerjaan disediakan atau hasil rekayasa sendiri, dan bukan obyek kerja yang sebenarnya. Penilaian aktivitas Praktik dilakukan secara sebenarnya, di tempat kerja dengan menggunakan objek kerja sebenarnya. Metoda Penilaian Sikap Kerja dilakukan melalui Observasi dengan metoda observasi terstruktur. Pengamatan yang dilakukan menggunakan lembar penilaian yang sudah disiapkan sehigga pengamatan yang dilakukan mengikuti petunjuk penilaian yang dituntut oleh lembar penilaian tersebut. Pengamatan dilakukan pada waktu peserta uji/peserta pelatihan melakukan keterampilan kompetensi yang dinilai karena sikap kerja melekat pada keterampilan tersebut.

Item Type: Teaching Resource
Uncontrolled Keywords: penilaian, gitar klasik, grade 7, sikap kerja
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:06
Last Modified: 10 Oct 2019 07:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5274

Actions (login required)

View Item View Item