Semiotika Logo Video Game The Last Story

Ryan Aditya Pratama Wardana, NIM. 081 1677 024 (2015) Semiotika Logo Video Game The Last Story. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (951kB) | Preview
[img] Text
3 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian demi memahami logo video game The Last Story dalam perspektif semiotika dan desain komunikasi visual. Logo video game The Last Story memiliki tanda-tanda visual dan verbal yang mengkomunikasikan pesan sehubungan dengan konsep, akar pemikiran dan filosofi pada game, baik dari cerita pada game itu sendiri maupun dari sisi developer game Mist Walker. Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis menggunakan Triadik Sumbo Tinarbuko sebagai teknik analisis. Teori petanda-penanda miliki Ferdinand de Saussure, trikonomi ikon, indeks, simbol milik Charles Sanders Pierce, serta kode-kode semiotika milik Roland Barthes merupakan teori-teori dasar yang membantu analisis pada penelitian ini. Hasil penelitian yang dihasilkan, menemukan adanya komunikasi yang ada melalui logo video game The Last Story memiliki sifat subjektif tergantung dari perspektif dan kedalaman audience dalam memahami logo, selain itu suatu logo tidak selalu harus mengacu pada standar kesederhanaan logo komersial yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Ryan Aditya Pratama Wardana, NIM. 081 1677 024UNSPECIFIED
Department: Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Logo, Video Game, The Last Story, Nitendo Wii, Desain Komunikasi Visual, developer game, Mist Walker, Ferdinand de Saussure, trikonomi ikon, indeks, simbol, Charles Sanders Pierce, kode-kode semiotika, Roland Barthes
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 09 Sep 2015 03:15
Last Modified: 09 Sep 2015 03:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item