Tinarbuko, Isidorus Tyas Sumbo (2017) Membaca Tanda dan Makna dalam Desain Komunikasi Visual. BP ISI Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-6509-13-0
Archive
2 Buku Monograp Penerbit BP ISI YK 2017.zip Restricted to Repository staff only Download (27MB) | Request a copy |
|
Text
Bab I Pendahuluan.pdf Download (894kB) |
Abstract
Karena desain komunikasi visual mengemban tugas menyampaikan pesan verbal dan pesan visual, maka keberadaannya senantiasa dikemas seartistik mungkin. Hal itu dilakukan agar membangkitkan rasa tertarik pada pribadi target sasaran. Dampaknya, dapat menimbulkan stimulus untuk memberikan keputusan akhir. Untuk itu, pesan verbal dan pesan visual yang ditampilkan desain komunikasi visual dinyatakan dalam bahasa sederhana dan komunikatif. Semuanya penting agar pesan tersebut mudah dimengerti oleh komunikan tanpa ada kesalahan interpretasi makna atas pesan tersebut. Oleh karena itu, agar pesan verbal dan pesan visual desain komunikasi visual mampu menarik perhatian calon konsumen atau pun pembeli loyal, maka desain komunikasi visual harus menawarkan eksklusivisme dan keistimewaan. Semuanya itu dilakukan untuk memberikan perujukan pada suatu merek demi menemukan jatidiri produk barang atau jasa yang akan dikomunikasikan. Ketika desain komunikasi visual menjadi bagian dari produk kebudayaan massa, maka ia mengemban tugas khusus. Tugasnya, bagaimana upaya desain komunikasi visual agar berfungsi sebagai penanda visual atas eksistensi kebudayaan bangsa Indonesia dalam konteks peradaban modern. Ciri karya desain komunikasi visual yang mampu menjadi penanda visual atas eksistensi kebudayaan bagi bangsa Indonesia: pertama, desain komunikasi visual mampu tampil secara atraktif, komunikatif, efektif, persuasif, dan kontekstual. Kedua, desain komunikasi visual harus dapat mencerdaskan masyarakat terkait dengan pesan disampaikannya. Ketiga, keberadaannya dapat diterima masyarakat luas. Keempat, mengikuti perilaku adat istiadat yang berlaku, menjunjung tinggi moralitas dan spiritualitas, serta mengedepankan kearifan budaya lokal.
Item Type: | Book | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Desain Komunikasi Visual | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 12 Nov 2019 08:10 | ||||
Last Modified: | 12 Nov 2019 08:10 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5430 |
Actions (login required)
View Item |