Konsumtivisme dan Cengkeraman Gaya Hidup Modern Ala Tayangan Televisi

Tinarbuko, Isidorus Tyas Sumbo (2010) Konsumtivisme dan Cengkeraman Gaya Hidup Modern Ala Tayangan Televisi. Majalah Visi, 6. ISSN 2085-6733

[img] Text
(Majalah Pustekkom) Konsumtivisme dan Cengkeraman Gaya Hidup Modern Ala Tayangan Televisi.doc

Download (97kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Wacana pertimbangan emosional dalam konteks memenuhi kebutuhan konsumsi dalam masyarakat modern berjalan seiring dengan realitas sosial yang ada. Keberadaannya lebih transparan. Fenomena tersebut dapat disimak dengan perilaku banyak orang membeli produk makanan untuk hidangan makan malam dan membelanjakan uangnya untuk mengganti atau menambah barang koleksinya. Ditengarai, mereka membeli barang-barang consumer good melebihi apa yang dibutuhkan. Bahkan cenderung terkesan berlebihan. Pola hidup konsumtif tabiatnya makin kelihatan dan memperoleh pendukung yang sangat signifikan di kalangan masyarakat luas. Penetrasinya tidak hanya terjadi di kota-kota besar, sebaliknya sudah merembes ke kota-kota kecil bahkan ke pelosok pedesaan. Hidup dalam pola dan arus konsumtivisme membuat orang merasa tidak puas jika produk atau barang yang diinginkannya belum dimiliki. Mereka mengutamakan gaya hidup bertolak pada felt need (kebutuhan yang timbul sebagai akibat penetrasi iklan yang ditayangkan televisi) di dalam membeli suatu produk yang ditawarkan daripada bertolak dari real need (kebutuhan yang memang diperlukan). Pola hidup seperti itu mendorong orang untuk selalu ingin berlebihan, tanpa peduli bagaimana mendapatkannya. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku seperti itu di antaranya harga diri, gengsi, status sosial, ekonomi, pengaruh rekan, atau tingkat pendidikan merupakan sederet variabel yang perlu diperhitungkan. Bisa jadi orang yang mempunyai perilaku konsumtif hanya karena gengsi atau desakan rekan sekerja, atau mungkin malah iri melihat tetangganya selalu menimbun barang mahal dan canggih di rumahnya. Mungkin perilaku konsumtif itu akibat rayuan para salesman-salesgirl yang menawarkan barang. Pola hidup konsumtif juga menimbulkan berbagai hal yang berhubungan dengan faktor ketergantungan, misalnya terhadap segala sesuatu yang berasal dari barat (teknologi, fashion, selera dan gaya hidup, peralatan elektronik, consumer good).

Item Type: Article
Creators:
CreatorsNIM
Tinarbuko, Isidorus Tyas Sumbonidn0001046616
Uncontrolled Keywords: televisi, tv
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 12 Nov 2019 08:18
Last Modified: 12 Nov 2019 08:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5432

Actions (login required)

View Item View Item