Strategi pemasaran musik indie di era digital ( Studi Kasus : Multatuli)

SANTOSA, Heribertus Agus Budi (2018) Strategi pemasaran musik indie di era digital ( Studi Kasus : Multatuli). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (806kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL - HERIBERTUS AGUS BUDI SANTOSA.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi sangat berdampak pada strategi pemasaran musik yang digunakan oleh para pelaku industri musik saat ini. Penelitian ini berusaha mengetahui strategi yang digunakan band indie saat ini dalam memasarkan musik mereka. Salah satu band yang menjadi studi kasus dalam penelitian ini adalah Multatuli. Multatuli adalah salah satu band indie asal Yogyakarta yang menyambut perkembangan teknologi dengan pemanfaatan yang tepat guna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara untuk mengetahui strategi pemasaran musik Multatuli dan konsep musik yang dibangun Multatuli. Berdasar hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa terdapat cara-cara yang tidak lagi efektif digunakan untuk pemasaran musik di era digital dewasa ini. Sejauh ini Multatuli telah melakukan semua langkah pemasaran musik yang lazim digunakan. Hal yang berbeda dalam langkah pemasaran Multatuli adalah penggunaan video lirik dan segmentasi target pendengar. Kedua langkah tersebut terbukti membuat Multatuli dapat menjaring massa untuk menjadi pendengarnya. Konsep musik yang dibangun Multatuli banyak terkait dengan kritik sosial kehidupan masyarakat di era digital dewasa ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
SANTOSA, Heribertus Agus Budinim1211824013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKUSTAP, Kustapnidn0001076707
Department: KODEPRODI91221#Seni Musik
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, musik indie, musik digital, multatuli, studi kasus
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 20 Nov 2019 08:33
Last Modified: 20 Nov 2019 08:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item View Item