Bramantya Widiangga Priyadi, NIM 0911864024 (2015) Perancangan Kampanye Sosial : Bahaya Televisi Terhadap Anak Tanpa Pengawasan Orang tua. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) | Request a copy |
Abstract
Kesadaran masyarakat Indonesia akan adanya pengaruh buruk tayangan televisi terhadap anak-anak masih sangat rendah. Orang tua cenderung membiarkan anak menonton tayangan televisi dengan bebas tanpa bimbingan dan pengawasan. Menonton televisi dianggap lebih aman daripada main di luar rumah yang mempunyai resiko cedera fisik atau yang lainnya. Anak–anak menonton apa saja yang ada di layar televisi, tidak peduli apakah acara tersebut ditujukan untuk kelompok usia mereka atau untuk orang dewasa. Ini disebabkan karena di satu sisi mereka miliki cukup banyak waktu, sementara acara yang khusus ditujukan untuk mereka sangat terbatas. Perancangan kampanye “Bahaya Televisi Terhadap Anak Tanpa Pengawasan Orangtua” dilakukan untuk menjawab permasalahan bahaya televisi tersebut, diperlukan sebuah tindakan untuk memberikan suatu komunikasi visual yang menginformasikan betapa pentingnya pendampingan terhadap anak ketika menonton televisi. Penulis mengemas sebuah kampanye melalui media iklan layanan masyarakat, yang disusun secara terarah dan menyeluruh (integrated) serta didukung konsep kreatif yang membangkitkan emosi audience tanpa mengabaikan faktor komunikasinya. Perancangan ini menggunakan metode analisis Target Audience yang meliputi Personifikasi Target Audience, Consumer Journey, Consumer Insight serta dipertajam dengan 5W + 1H (What, Who, Why,Where,When, dan How). Kegiatan kampanye ini tidak berhenti pada kontak media kampanye saja, namun memberi dampak dan berlanjut pada keseharian Target Audience. Lewat perancangan ini, dapat membuka wawasan secara detail bagaimana mendekatkan diri dan mempelajari perilaku dari Target Audience, dengan beberapa media yang sudah dipilih berdasarkan insight dari Consumer journey dianataranya berupa poster, majalah, surat kabar, brosur serta media pelengkap seperti pin, sticker, t-shirt, dan mug, yang nantinya media tersebut dapat bersinergi dengan gaya hidup dan keseharian Target Audience. Dalam perancangan ini diharapkan nantinya dapat memberikan pencerahan dan bentuk antisipasi dari para orangtua untuk selalu mengawasi, menjaga serta membimbing anaknya dalam menonton televisi, agar nantinya anak menjadi pribadi yang berkembang dan menjadi generasi anak bangsa yang berprestasi demi kemajuan bangsa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta | ||||
Uncontrolled Keywords: | Televisi, Anak, Kampanye sosial, media iklan, komunikasi, Target Audience | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 16 Sep 2015 01:44 | ||||
Last Modified: | 16 Sep 2015 01:44 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/556 |
Actions (login required)
View Item |