Tipe-Tipe Teks Nasionalisme Indonesia Pada T-Shirt “Damn! I Love Indonesia” (Periode April – Desember 2014)

Aulia Vidyarini, NIM 081 1742 024 (2015) Tipe-Tipe Teks Nasionalisme Indonesia Pada T-Shirt “Damn! I Love Indonesia” (Periode April – Desember 2014). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I_Aulia Vidyarini_0811742024.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II_Aulia Vidyarini_0811742024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_Aulia Vidyarini_0811742024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_Aulia Vidyarini_0811742024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V_Aulia Vidyarini_0811742024.pdf

Download (920kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

DAMN! I Love Indonesia merupakan brand lokal Indonesia yang salah satu produknya menggunakan media t-shirt untuk mengekspresikan kecintaan anak muda Indonesia terhadap bangsanya. Namun, penggunaan bahasa asing diaplikasikan dalam teks-teks t-shirt yang memodifikasi logo menjadi ke berbagai bahasa negara, salah satunya adalah Jepang. Padahal berdasarkan perspektif historis, nasionalisme Indonesia merupakan paham yang lahir karena peristiwa besar penjajahan Belanda dan Jepang sebelum Indonesia menjadi sebuah negara sampai dibentuknya ideologi negara yakni Pancasila. Tidak hanya Jepang, Belanda pun hadir dalam teks yang memanfaatkan momentum bahkan dalam teks t-shirt yang dalam hal ini sebagai media komunikasi bentuk nasionalisme Indonesia. Oleh karena itu, serangkaian teks tersebut didefinisikan sebagai representasi teks-teks yang tidak familiar dan berperan dalam perkembangan sebuah genre karena mengingat genre senantiasa berubah sepanjang waktu. Dengan demikian, tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk memahami tipe-tipe nasionalisme yang berkembang di kalangan generasi muda Indonesia melalui teks t-shirt DAMN! I Love Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis tekstual studi genre melalui konvensi-konvensi pembentuk genre menurut Jane Stokes, yaitu setting, lokasi, ikonografi, peristiwa-peristiwa naratif, karakter-karakter, dan struktur plot. Maka hasil penelitian ini adalah teks t-shirt DAMN! I Love Indonesia merepresentasikan pergeseran konvensi-konvensi pada genre nasionalisme Indonesia yang ternyata lebih cenderung termasuk ke dalam sub-sub dari genre tersebut, di antaranya adalah nasionalisme Timur yang mencakup nasionalisme politik global, dan nasionalisme humanistik. Selain itu, berdasarkan karakteristik-karakteristik konsep desain sebagai tujuan pemasaran, teks tersebut merepresentasikan sub genre nasionalisme momentum. Pada sub genre ini, nasionalisme Indonesia sangat jelas dijadikan komoditas untuk tujuan-tujuan pemasaran pada momentum-momentum tertentu. Begitu pun dengan penggunaan bahasa-bahasa asing yang hampir terdapat di seluruh teks t-shirt DAMN! I Love Indonesia, ambivalensi ini terletak pada genre nasionalisme Indonesia yang memang sudah bertujuan internasional. Hal ini disebabkan genre senantiasa berkembang sepanjang waktu, dan sub-sub genre nasionalisme Indonesia terbentuk karena terdapat corak-corak teks tidak familiar yang direpresentasikan melalui produk-produk media seperti film.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tipe-Tipe Teks, Nasionalisme, Indonesia, T-shirt, Analisis Genre,brand lokal, fashion, baju, pakaian
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 22 Sep 2015 01:04
Last Modified: 22 Sep 2015 01:04
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item