SEKARTAJI, Galuh (2019) Perancangan Buku Cerita Bergambar Anak Tentang Pendidikan Karakter Dalam Konsep Asthabrata. Masters thesis, ISI Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (589kB) |
|
Text
FULL VERSION.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Asthabrata sebagai konsep kepemimpinan Jawa penting untuk diangkat kembali mengingat krisis kepemimpinan di Indonesia menjadi persoalan mendasar pada menurunnya kualitas hidup masyarakat, baik secara fisik, mental maupun spiritual. Kondisi tersebut menghambat terciptanya lingkungan yang baik bagi perkembangan karakter anak-anak. Maka Asthabrata perlu dikenalkan sejak dini melalui bentuk baru, yaitu buku cerita bergambar untuk memberi gambaran perilaku yang baik bagi anak-anak. Langkah pertama adalah menyusun Asthabrata versi anak dengan metode 3N (niteni, nirokake, nambahi) yang melibatkan pengalaman interaksi anak-anak dengan elemen alam Asthabrata. Selanjutnya Asthabrata sebagai konsep yang masih bersifat abstrak diadaptasi menjadi bentuk narasi teks 8 bab, dan visualisasi dengan metafora. Perancangan buku cerita bergambar ini menggunakan pedagogik jiwa merdeka dan teori belajar sosial dari Albert Bandura. Asthabrata dan pedagogik jiwa merdeka membentuk karakter tokoh yang bersemangat, bersahabat, berani menghadapi tantangan, peka terhadap kondisi sekitar, dan memiliki inisiatif. Maka menghasilkan buku cerita interaktif dengan teknik pop-up , bertema petualangan, komposisi layout dinamis asimetris, gaya ilustrasi memadukan karakter kartun, surealis, dengan teknik handdrawing menggunakan pastel, cat air dan pensil warna. Kesan dramatis disampaikan melalui ekspresi tokoh dan ekspresi garis, dan layering warna hue pada background yang memberi kedalaman emosi. Ilustrasi berfokus pada apa yang dilakukan para tokoh dan elemen alam yang sedang dibahas. Perancangan ini adalah pertama kalinya Asthabrata diajarkan untuk anak-anak. Karakter memiliki peranan penting untuk mengajarkan anak tentang beragam emosi dan ekspresi. Peran ilustrasi beserta elemen visual dalam buku cerita bergambardapat menggambarkan kedalaman emosi, menyederhanakan kompleksitas cerita dan mengungkapkan apa yang tidak tersampaikan oleh bahasa verbal.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Asthabrata, buku cerita bergambar anak, perancangan buku, literasi anak, pendidikan karakter, media edukasi anak | ||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual Penciptaan dan pengkajian seni |
||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2020 04:51 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2020 04:51 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5806 |
Actions (login required)
View Item |