Persepsi Audience pada Poster Dakwah Muslim Designer Community (MDC) Indonesia Hijab Movement 2014

Ridwan Taufik Kurniawan, 0911879024 (2015) Persepsi Audience pada Poster Dakwah Muslim Designer Community (MDC) Indonesia Hijab Movement 2014. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01 BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
02 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
05 BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi informasi memungkinkan penyebaran pesan syiar dan dakwah Islam menjadi lebih masif. Hal ini telah dimanfaatkan lembaga resmi keagamaan, ormas-ormas Islam, lembaga filantropi Islam, dan berbagai komunitas Islam yang ada, salah satunya Muslim Designer Community (MDC), dengan kampanye poster hijabnya di tahun 2014 lalu yang bertajuk MDC Indonesia Hijab Movement 2014. Kampanye ini ingin mensosialisasikan arti penting hijab bagi muslimah sebagai salah satu kewajiban dalam agama Islam. Berbagai gaya visual dan verbal digunakan para desainer dalam komunitas ini dalam usaha mengartikulasikan pesan-pesan dakwahnya kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi audience terhadap poster dakwah hijab MDC Indonesia Hijab Movement 2014. Metode peneletian yang digunakan adalah kualitatif, dimana peneliti meneliti hubungan antarvariabel penelitian dan menganalisisnya dengan teori tertentu secara deskriptif. Peneliti menjaring dan menganalisis data yang diperoleh melalui kuesioner yang diajukan kepada 150 responden yang merupakan sampel dari populasi audience. Data kuesioner ini menjadi pijakan awal untuk melakukan pencarian data berikutnya yang penulis peroleh dari wawancara kepada narasumber utama dan pendukung. Data tadi dielaborasi, dijaring, dan dianalisis menggunakan teori persepsi. Hasil penelitan yang telah dilakukan, audience menganggap poster-poster dakwah tersebut menarik karena aspek visualnya. Audience juga menganggap poster-poster tersebut diolah dengan artistik. Audience mampu membaca pesan yang dimuat poster baik dengan mudah maupun dengan pengamatan berulang, setelah melihat hubungan antara teks dengan gambarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Ridwan Taufik Kurniawan, 0911879024UNSPECIFIED
Department: Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Audience, Poster, Dakwah, Hijab, MDC, teknologi informasi, syiar, dakwah Islam, Indonesia Hijab Movement
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:01
Last Modified: 23 Sep 2015 04:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item