Perancangan Identitas Merek Budi Daya Ikan Betta Di Kampung Dukuh Mantrijeron Yogyakarta

SAHISNU, Diptya Aristo (2020) Perancangan Identitas Merek Budi Daya Ikan Betta Di Kampung Dukuh Mantrijeron Yogyakarta. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Di Kampung Dukuh, Mantrijeron, Yogyakarta, terdapat sebagian warga yang memiliki potensi membudidayakan ikan hias betta. Kampung Dukuh memiliki kelompok budidaya ikan betta yang berpengalaman. Seiring perkembangan zaman di era digital, permasalahan yang dialami kelompok budidaya ikan betta adalah identitas merek. Dampak bagi warga yang belum memiliki identitas usaha budidaya ikan betta adalah sulit menaikkan harga jual. Identitas merek dipilih sebagai perancangan untuk media utama karena solusi pemecah masalah yang lebih tepat dan efektif. Identitas merek merupakan bagian penting yang dapat menginformasikan dan mengenalkan keberadaan Kampung Betta. Logo sebagai tanda pengenal Kampung Betta dapat diaplikasikan di berbagai media digital dan media cetak pendukung lainnya. Pendekatan penelitian ini adalah 101 metode desain Vijay Kumar. Pendekatan ini efisien, efektif, dan berintegrasi ketika digunakan untuk mengenalkan dan memberitahu keberadaan lokasi budidaya ikan betta. Pendekatan ini menggunakan unsur pola komunikasi pelayanan terpadu Dwi Sapta external dan 7 pola dari 101 metode desain yang memiliki unsur, yaitu memahami tujuan, mengetahui konteks, mengenal masyarakat, menyusun gagasan, mengekplorasi konsep, menyusun solusi, dan merealisasikan penawaran. Pola-pola kreatif dapat membuat dan mengekplorasi desain. Perancangan identitas untuk promosi Kampung Betta dengan pendekatan metode Vijay Kumar ini membuktikan bahwa 101 metode desain tidak saja disesuaikan untuk desain inovasi produk saja tetapi juga dapat digunakan dalam memecahkan suatu masalah dan promosi sosial seperti komunitas atau daerah dengan hasil yang optimal. Perancangan identitas merek Kampung Betta hadir sebagai solusi kelompok budidaya ikan betta di Kampung Dukuh sebagai upaya mengenalkan dan menginformasikan keberadaan lokasi budidaya ikan hias betta di Yogyakarta. Hasil dari perancangan ini juga sebagai sumber referensi dan kajian ilmu bagi pihak-pihak yang memiliki peran dalam memberikan identitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM
SAHISNU, Diptya AristoNIM 1721064411
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: Identitas, Merek, Ikan, Betta, Kampung.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 29 Apr 2020 07:32
Last Modified: 29 Apr 2020 07:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5988

Actions (login required)

View Item View Item