Soulscape Road Karya Oscar Motuloh: Kajian Aspek Ideasional Dan Teknikal Fotografi

Muhammad Husaini Hadi, NIM 0810417031 (2015) Soulscape Road Karya Oscar Motuloh: Kajian Aspek Ideasional Dan Teknikal Fotografi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (843kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji aspek ideasional dan teknikal fotografi karya Oscar Motuloh dalam bukunya yang berjudul Soulscape Road yang berisikan foto-foto bencana di Indonesia. Aspek ideasional adalah bagaimana seorang fotografer menyikapi fenomena alam dengan menemukan ‘sesuatu’ dan mengungkapkannya dalam berbagai bentuk konsep, teori, dan wacana. Aspek ideasional ini juga merupakan pengimplementasian media fotografi sebagai wahana berkreasi dan menunjukkan ide serta jati diri seorang fotografer. Adapun aspek teknikal adalah hal-hal yang berkaitan dengan teknikal peralatan maupun yang bersifat teknik praksis-implementatif dalam menggunakan peralatan yang ada untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan latar belakang, peranan ide yang digunakan Oscar Motuloh, serta teknik dan alat yang digunakan Oscar Motuloh dalam penciptaan karya-karya fotografi Oscar Motuloh dalam Soulscape Road. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana peran instrumen dimainkan oleh peneliti sendiri dengan bentuk penyajian deskriptif atas fakta-fakta yang ditemukan. Setelah melalui proses observasi, dokumentasi, dan penentuan sampel, foto-foto karya Oscar Motuloh akan diteliti dengan pendekatan estetika fotografi dan menggunakan kerangka pemaknaan semiotika sebagai alat interpretasi utama. Pendekatan semiotika yang digunakan adalah semiotika konotasi sehingga dihasilkan penjelasan-penjelasan yang analitis. Melalui pameran dan buku soulscape road ini, sang fotografer, Oscar Motuloh ingin membagi pengalamannya kepada publik. Oscar Motuloh ingin mempersembahkan kepada orang-orang yang masih hidup panorama bencana yang menjeritkan atmosfer penderitaan yang begitu memilukan agar manusia selalu waspada dan senantiasa bersyukur masih diberi kesempatan hidup. Itulah alasannya mengapa karya-karya foto Oscar Motuloh dalam Soulscape Road sedikit sekali memasukkan manusia ke dalam bingkainya. Oscar Motuloh juga ingin menyindir sekaligus mengingatkan kepada manusia, dengan hadirnya bencana, banyak orang-orang yang mengulurkan tangannya. Berpartisipasi saling membantu tanpa melihat perbedaan suku, agama, adat, dan budayanya. Hingga terbesit sebuah pertanyaan, apakah harus dengan datangnya bencana barulah hati terusik untuk saling membantu sesama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Soulscape Road, Oscar Motuloh, aspek Ideasional, aspek teknikal, semiotika konotasi, ideasional, teknikal, fotografer,
Subjects: Fotografi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 23 Sep 2015 05:44
Last Modified: 23 Sep 2015 05:44
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item