Kusumamurti, Maria Di Livia (2019) Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do"Di Livia". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogykarta.
Text
BAB I MARIA DI LIVIA KUSUMAMURTI.pdf Download (644kB) |
|
Text
BAB V MARIA DI LIVIA KUSUMAMURTI-2.pdf Download (83kB) |
|
Text
Full Text MARIA DI LIVIA KUSUMAMURTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Jurnal MARIA DI LIVIA KUSUMAMURTI.pdf Download (1MB) |
|
Archive
KARYA MARIA DI LIVIA.zip Restricted to Repository staff only Download (88MB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai perempuan, keinginan untuk mempercantik diri dengan membubuhkan tata rias (make up) dan menata rambut (hairdo) merupakan hal yang penting. Semakin banyak kebutuhan perempuan akan dunia tata rias, berkorelasi positif dengan kesibukannya. Fenomena tersebut menciptakan peluang usaha pada bidang jasa make up artist (MUA) dan hairdo meningkat. Dengan tingginya permintaan pasar akan jasa ini, berdampak pada menjamurnya profesi dibidang make up artist dan hairdo, salah satunya adalah jasa make up artist dan hairdo "DI LIVIA". Agar mampu untuk menjaga eksistensinya, "DI LIVIA" harus mampu menciptakan inovasi dalam pelayanan maupun publikasinya. Metode perancangan dilakukan dengan metode kualitatif. Dalam usaha pengumpulan data, digunakan metode wawancara secara mendalam terhadap seorang pakar dan dua orang target audiens. Hasil dari pengumpulan data didapatkan consumer journey yang digunakan sebagai referensi kebutuhan media yang dirasa perlu dalam perancangan. Dari analisis data diperoleh point of contact yang memiliki relevansi sebagai media dalam perancangan publikasi jasa MUA dan hairdo "DI LIVIA". Media yang digunakan dalam perancangan publikasi jasa MUA dan hairdo "DI LIVIA", yaitu Katalog sebagai media utama, dan beberapa media penunjang seperti Poster, Flyer, Kartu nama, Kartu Diskon, Sticker, Zine, Press release pada majalah, Video Portrait pada media sosial, dan prototype website. Penentuan media ditentukan berdasarkan hasil analisis terhadap relevansi antara consumer journey dan point of contact. Berdasarkan hipotesa perancangan, dilakukan riset atau uji coba khalayak media sosial melalui media instagram. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan, ditemukan bahwa terdapat peningkatan awareness masyakarat yang cukup signifikan. Peningkatan tersebut salah satunya tampak dari jumlah visit profile yang meningkat dari 174 audiens menjadi 504, dan jangkauan audiens dari 381 jangkauan menjadi 4374 audiens selama 1 minggu penayangan. Kata Kunci: Perempuan; Publikasi; Jasa; Make Up; Hairdo
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perempuan; Publikasi; Jasa; Make Up; Hairdo | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | susilo SW wati | |||||||||
Date Deposited: | 04 May 2020 05:38 | |||||||||
Last Modified: | 04 May 2020 05:38 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5995 |
Actions (login required)
View Item |