Soka

MUKTI, Sifa Sabda (2018) Soka. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab 4.pdf

Download (475kB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Full Text Sifa.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Dewi Shinta adalah satu tokoh dalam cerita Ramayana yang menjadi inspirasi utama pada karya tari Soka ini. Dia merupakan istri Ramawijaya yang diculik oleh Rahwana, dan dibawa ke negara Alengka. Sosok Dewi Shinta ini menginspirasi penata karena kesabaran, dan pengorbanannya, yang mampu menjaga kesuciannya hanya untuk suaminya Ramawijaya. Soka adalah penderitaan, karya ini menggambarkan perasaan Dewi Shinta saat berada di dalam cengkraman Rahwana. Koreografi tari ini merupakan koreografi garap kelompok dengan menggunakan enam penari putri dan satu penari laki-laki. Penari putri dibagi menjadi tiga kelompok, pertama yaitu satu penari sebagai tokoh utama Dewi Shinta. Lalu satu lagi sebagai Dewi Shinta saat berada dalam cengkraman Rahwana. Sedangkan keempat penari lainnya sebagai penggambaran perasaan Dewi Shinta. Secara koreografi empat penari putri ini membentuk pola srimpen, pola ini mengadopsi dari pola tari tradisi gaya Yogyakarta. Satu penari laki-laki memerankan tokoh sebagai Rahwana. Tema pada karya tari ini merupakan gejolak hati Dewi Shinta. Musik pada karya Soka ini adalah musik live dengan mengangkat unsur etnis Jawa. Properti yang digunakan yaitu tali yang dianyam dan membentuk lingkaran dan kain berwarna merah dan putih. Hal ini penata maksudkan sebagai simbol dari keterikatan Dewi Shinta atas nafsu Rahwana. Secara koreografis karya tari ini dibagi menjadi lima adegan, yaitu introduction merupakan penggambaran saat Rahwana ingin merayu dan mendekati Dewi Shinta. Berikutnya adegan kedua yaitu tentang perasaan rasa sakitnya Dewi Shinta saat tidak bisa keluar dari cengkraman Rahwana. Lalu adegan ketiga tentang perasaan amarah Dewi Shinta karena diculik dan disekap oleh Rahwana. Selanjutnya adegan keempat berisi perasaan kesedihan Dewi Shinta yang jauh dari suaminya. Dan adegan yang ke lima menceritakan tentang kekecewaan Dewi Shinta yang tidak kunjung datang menolongnya keluar dari cengkraman Rahwana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
MUKTI, Sifa Sabdanim1411495011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDDARUNI, Daruninidn0016056001
UNSPECIFIEDHANJATI, B. Srinidn0009046106
Department: KODEPRODI91231#SENI TARI
Uncontrolled Keywords: Koreografi kelompok, penderitaan.
Subjects: Tari > Penciptaan Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan)
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 28 May 2020 09:30
Last Modified: 29 May 2020 04:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item