Hubungan Karakter Musik Klasik Dan Pop-Jazz Dengan Kecerdasan Emosi (Eq) Mahasiswa Jurusan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Septa Ellfira, NIM. 1111705013 (2015) Hubungan Karakter Musik Klasik Dan Pop-Jazz Dengan Kecerdasan Emosi (Eq) Mahasiswa Jurusan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara karakter musik klasik dan pop-jazz dengan perbedaan kecerdasan emosi, atau dikenal sebagai emotional quotient (EQ) pada mahasiswa pemain musik klasik dan pop-jazz. EQ ialah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam kehidupan sosial, yang terdiri dari kemampuan intrapersonal yaitu kemampuan untuk memahami diri sendiri dan juga bertanggung jawab atas kehidupan diri sendiri, serta interpersonal yaitu Suatu kemampuan individu untuk berhubungan dengan individu yang lain dan lingkungan sekitarnya. Kecakapan tersebut meliputi, kemampuann memotivasi diri, pengendalian diri, empati, memahami dan menjaga perasaan orang lain, dan lain sebagainya. Objek pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2012 yang minimal sudah bermain musik selama dua tahun. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 orang yang terdiri dari 30 mahasiswa pemain musik klasik dan 30 mahasiswa pop-jazz. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional yang telah diuji validitasnya pada penelitan Hermasanti (2009) dengan aitem valid sebanyak 38 aitem dari 45 aitem. Hasil validitas aitem adalah bergerak dari 0,195 – 0,624 dengan hasil reabilitasnya adalah 0,888. Data yang diperoleh kemudian diolah melalui program SPSS dengan menggunakan perhitungan statistik independent sample t-test. Dari analisis terhadap data pada uji perbedaan diperoleh skor t-test sebesar 2,987 dan nilai signifikansi 0,004. Karena nilai signifikansi < 0.05 (5%) maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan antara karakter musik klasik dan pop-jazz dengan EQ mahasiswa, dibuktikan dengan perbedaan yang signifikan antara nilai EQ pemain musik klasik dan nilai EQ pemain musik pop-jazz pada mahasiswa Jurusan Musik ISI Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Septa Ellfira, NIM. 1111705013UNSPECIFIED
Department: Jurusan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: EQ, musik klasik, pop-jazz, musikologi, kecerdasan emosi, kemampuann memotivasi diri, pengendalian diri, empati, memahami, menjagaperasaan orang lain
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 25 Sep 2015 01:17
Last Modified: 25 Sep 2015 01:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item