Jinan, Aisyah Tsuroyya (2020) Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Surat-Surat Pendek Juz Amma sebagai Media Pendamping Hafalan Qur’an Anak. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II sd BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (357kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Other (KARYA)
KARYA.rar Restricted to Repository staff only Download (478MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL_1512363024.pdf Download (2MB) |
Abstract
Di Sekolah, media yang paling sering digunakan oleh anak-anak adalah lembar kerja, dan buku paket, yang sebagian besar berisi kata-kata, dan paragraf-paragraf panjang tanpa ilustrasi yang mendukung, hal ini membuat anak cepat merasa bosan dan tidak fokus. Berlaku sama dengan Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan kitab dan pedoman untuk umat muslim, dan membacanya merupakan ibadah. Al-Qur’an berisi kalimat-kalimat dengan bahasa Arab dan makna yang sulit dipahami oleh anak-anak. Hal ini ditakutkan dapat mengurangi minat anak dalam menghafal dan membaca Al-Qur’an. Sehingga pembelajaran menghafal Al-Qur’an harus dikemas dengan metode yang efektif, dan menarik.Tujuan dari perancangan ini adalah membuat media pembantu yang efektif dan menarik untuk anak-anak dalam menghafalkan surat-surat dalam Al-Qur’an. Buku ilustrasi interaktif merupakan perpaduan antara visual, literasi, dan juga kegiatan interaktif, perpaduan ini dapat menjadi pilihan yang tepat dalam memperkenalkan hafalan Qur’an kepada anak-anak.Dengan mempertimbangkan kecerdasan dan kekuatan daya ingat anak, penggunaan Juz Amma atau juz 30 dipilih karena Juz Amma berisikan surat-surat pendek yang kemudian dipadukan dengan metode VARK dari Fleming. VARK merupakan 4 metode pembelajaran berupa visual, aural, reading, dan kinestetik. Perancangan buku ilustrasi interaktif ini menggunakan visual, reading, dan kinestetik. Hal ini tampak dari visual desain layout, warna,dan tipografi yang disesuaikan dengan anak-anak dan juga ilustrasi yang diolah dari makna masing-masing surat pendek dalam Juz Amma, dan kegiatan interaktif berupa flip a flap pada tiap surat dan permainan stiker, dapat membuat anak-anak menjadi lebih tertarik untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an. Pendekatan visual pada ilustrasi dan menggabungkannya dengan game interaktif berupa permainan menempel stiker pada surat-surat pendek Juz Amma, dapat membuat Al-Qur’an menjadi lebih mudah dicerna dan menarik perhatian anak-anak. Kata Kunci : Al-Qur’an, Anak-anak, Buku Ilustrasi Interaktif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241# | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an, Anak-anak, Buku Ilustrasi Interaktif | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2020 03:36 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2020 03:36 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6155 |
Actions (login required)
View Item |