Hubungan Personal Branding Perupa dengan Artist Merchandise dalam Proses Berkarya

Juanitasari, Ifthinan (2020) Hubungan Personal Branding Perupa dengan Artist Merchandise dalam Proses Berkarya. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II sd BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_1512612021.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Hubungan Personal Branding Perupa Dengan Artist Merchandise Dalam Proses Berkarya bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman personal branding perupa di Yogyakarta, (2) keterkaitan personal branding dalam pengelolaan artist merchandise, (3) karya perupa diapresiasi dalam bentuk artist merchandise, serta personal branding yang baru-baru ini dilakukan seniman lewat media sosial. Berbicara tentang seniman hari ini, tidak hanya bekerja sebagai pembuat produk dan memproduksinya, tetapi juga menjual dirinya. Hal ini disebut juga personal branding, personal branding merupakan proses pembentukan kesan (image) yang ditetapkan dalam pikiran orang lain tentang individu kelompok atau organisasi. Artist merchandise juga berperan dalam usaha personal branding seniman, karena image karyanya dapat diaplikasikan pada media lain. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini berupa wawancara dan observasi langsung ke seniman dan media sosialnya. Populasi dalam penelitian ini adalah perupa yang berdomisili di Yogyakarta yang aktif berpameran dan membuat karyanya pada media lain selain media konvensional dengan berkolaborasi dengan brand lain, serta dua seniman yang memutuskan berkarya bersama pada media konvensional maupun non konvensional atau yang disebut dengan duo artist, yaitu Ronald Apriyan dan juga Rara Kuastra (Tempa). Hal tersebut diteliti untuk memberikan gambaran bahwa artist merchandise di Yogyakarta banyak digemari. Kata kunci: Profesi Seniman, Personal Branding, Artist Merchandise

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesi Seniman, Personal Branding, Artist Merchandise
Subjects: Seni Murni > Seni Lukis
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 12 Jun 2020 04:14
Last Modified: 12 Jun 2020 04:14
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6157

Actions (login required)

View Item View Item