Khoiruman, Novan (2020) PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PENGHAFAL DOA SEHARI HARI UNTUK ANAK ANAK. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (338kB) |
|
Text
JURNAL Novan Khoiruman.pdf Download (825kB) |
|
Text
KARYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
Abstract
Doa adalah hal yang sangat melekat dengan umat islam, Sebagai umat islam kita diharuskan untuk selalu berdoa ketika melakukan setiap aktifitas. Karena berdoa merupakan cara kita berkomunikasi dengan Allah SWT, dan cara untuk mengingat-Nya. Berdoa haruslah menjadi sebuah kebiasaan, untuk mencapai hal tersebut maka kebiasan berdoa harus diajarkan sejak dini, sehingga menghafal doa menjadi sangat penting untuk dilakukan sejak masih anak-anak. Tetapi dalam menghafal doa, Anak-anak cepat merasa bosan karena metode menghafalkannya hanya dengan membaca berulang-ulang. Pada dasarnya menghafalkan itu adalah pengulangan, agar anak-anak tidak bosan maka pengulangan itu harus dikemas dengan cara yang berbeda sehingga terasa lebih menyenangkan. Tujuan dari perancangan ini yaitu membantu anak-anak untuk menghafalkan doa sehari-hari dengan lebih mudah dan menyenangkan, maka dari itu media yang dipilih adalah board game. Board game dipilih karena anak-anak menyukai permainan. Ketika bermain board game, anak-anak akan berinteraksi dengan temannya sehingga anak-anak tidak cepat merasa bosan walaupun melakukannya berulang kali. Dalam melakukan perancangan ini data pendukung sangat dibutuhkan. metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan cara mengamati proses menghafal anak-anak, mengumpulkan data yang melalui berbagai macam buku, dan mengumpulkan referensi visual sebagai acuan ketika mendesain. Peroses perancangan board game ini dilakukan melalui 3 tahap yaitu tahap pra-produksi (mengumpulkan data, menentukan mekanik board game, dan melakukan ujicoba), tahap produksi (melakukan visualisasi) dan pasca produksi (mencetak board game menjadi bentuk fisik). Dalam menghafal doa, anak-anak membutuhkan metode yang menyenangkan, sehingga dapat memberikan semangat bagi anak-anak untuk menghafal. Untuk mengenalkan nilai-nilai religius, anak-anak akan lebih mudah menerima jika dilakukan dengan pendekatan bermain sambil belajar. Board game dengan konten pendidikan agama merupakan media yang cocok untuk anak-anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241# | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Board game, Doa, Anak-anak | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | sri SE endarti | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2020 06:26 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2020 06:26 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6171 |
Actions (login required)
View Item |