Model Pembelajaran Seni Teater di SMP Islam Terpadu (IT) Ar Raihan Bantul

Pasha, Tiara Nirvana (2019) Model Pembelajaran Seni Teater di SMP Islam Terpadu (IT) Ar Raihan Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II sd BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_1510044017.pdf

Download (443kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan model pembelajaran seni teater kelas VII di SMP Islam Terpadu (IT) Ar Raihan Bantul. Model pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran dipilih oleh guru sesuai dengan materi yang akan diterapkan pada proses belajar mengajar.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Tahap analisis dimulai dari pengumpulan data yang dideskripsikan sebagai data mentah yang kemudian di klarifikasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi bentuk proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa model pembelajaran seni teater kelas VII SMP IT Ar Raihan Bantul cukup efektif dalam proses pembelajaran mampu mengoptimalkan prestasi belajar peserta didik, hal ini terbukti dengan nilai yang diperoleh peserta didik. Sehingga dengan demikian dapat dipahami bahwa guru mampu menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Jigsaw dengan baik dan dipandang bahwa yang diterapkan tersebut sudah efektif. Faktor Pendukung dalam proses pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran seni teater kelas VII SMP IT Ar Raihan Bantul yaitu tenaga pengajar, sarana prasarana, dan keadaan sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu minat dan perhatian peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran, Seni Teater, Efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Pasha, Tiara Nirvana1510044017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDIswantara, Nur0019066403
UNSPECIFIEDMuljono, Untung0019095801
Department: KODEPRODI91251#SENI TEATER
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Seni Teater, Efektif
Subjects: Teater > Pengkajian seni teater (dramaturgi)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 20 Jul 2020 06:05
Last Modified: 20 Jul 2020 06:05
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6259

Actions (login required)

View Item View Item