Euforia Penggunaan Gadget

Ign. Gunawan Bayu Aji, 081 1967 021 (2015) Euforia Penggunaan Gadget. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pada jaman yang serba modern, kehidupan menjadi serba praktis, efektif dan efisien. Oleh sebab itulah diciptakan alat-alat yang sekiranya membantu kelancaran dan meringankan beban pekerjaan manusia, salah satunya adalah gadget. Gadget memberikan banyak manfaat, dari mulai sebagai alat komunikasi, media informasi, sampai sebagai media hiburan. Banyaknya manfaat yang diberikan gadget membuat kita merasa nyaman atau bahagia. Akan tetapi apabila perasaan nyaman atau bahagia tersebut terlalu berlebihan (euforia) maka akan memberikan dampak buruk terhadap perilaku kita. Hal ini dikarenakan perasaan euforia membuat kita lepas kontrol dimana kita akan mengabaikan norma-norma yang berlaku dan merugikan atau membuat orang lain menjadi tidak nyaman. Euforia merupakan suatu bentuk rasa bahagia yang meluap-luap dan sangat luar biasa puas. Perasaan ini sebenarnya menggambarkan suatu keadaan yang positif. Akan tetapi perasaan ini merujuk pada suatu hal yang berlebihan, dan pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan tersebut sedikit banyak akan memberikan dampak buruk atau efek negatif. Hal ini juga berlaku dalam penggunaan gadget, perasaan bahagia yang berlebihan ketika menggunakan gadget juga akan memberikan dampak buruk baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain yang berada di sekitar. Berbagai macam dampak buruk tersebut seperti: kecanduan gadget, menjadi pribadi yang egois, penyendiri, tidak peka terhadap lingkungan sekitar, antisosial, menjadi hiperrealitas, nomophobia, dan lain sebagainya. Bentuk perilaku manusia akibat perasaan bahagia yang terlalu berlebihan saat menggunakan gadget dan juga pengaruh dampak buruk yang ditimbulkannya tersebut akan diwujudkan dalam suatu karya seni cetak grafis yang bersifat ilustratif dengan bentuk-bentuk kartunal. Dalam dunia kartun erat hubungannya dengan humor, dan satir, maka dalam perwujudannya akan diberikan bumbu-bumbu kejenakaan dan juga kritikan. Konsep di atas kemudian akan diwujudkan ke dalam suatu karya seni cetak grafis dengan menggunakan teknik cetak tinggi dengan teknik pewaraan reduksi. Melalui teknik ini penulis dapat memainkan gradasi warna melalui guratan atau goresan dari teknik cetak cukilan kayu reduksi sehingga tampak efek gelap terang tetapi dengan menggunakan warna yang beragam. Guratan atau goresan dari teknik cetak cukilan kayu memberikan kejutan setelah dicetak karena terkadang memberikan efek-efek tertentu yang justru menambah nilai artistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gadget, euforia, gadget, kartun, seni cetak tinggi, alat komunikasi, media informasi, hiperrealitas, nomophobia, Guratan, goresan,teknik cetak, cukilan kayu
Subjects: Seni Murni > Seni Grafis
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Grafis
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 30 Sep 2015 06:59
Last Modified: 30 Sep 2015 06:59
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item