Pembelajaran Lagu Wajib Nasional Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Minggiran Yogyakarta

Tarigan, Peran Spek Taysen (2019) Pembelajaran Lagu Wajib Nasional Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Minggiran Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Bab I Peran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Jurnal final final.pdf

Download (584kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil Pembelajaran Lagu Wajib Nasional Kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri Minggiran Yogyakarta. Menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus, dengan pengumpulan data dilakukan secara observasi partisipatif moderat, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis melalui proses data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Proses pembelajaran dimulai dengan pengenalan tangga nada, sejarah lagu, notasi, lirik lagu, menggunakan metode ceramah, imitasi dan drill. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat antusias yang positif dari para siswa dan para siswa dapat menyanyikan keempat lagu wajib nasional: Indonesia Raya karya W.R Suprataman, Mengheningkan Cipta karya T. Prawit, Satu Nusa satu Bangsa karya L. Manik dan Bagimu Negeri karya Kusbini secara baik dan benar. Kata Kunci: Pembelajaran, Metode, Lagu Wajib Nasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Tarigan, Peran Spek Taysennim 14100160132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWidodo, Tri Wahyunidn0014027301
UNSPECIFIEDTjaroko, Winarno Sigronidn0030105703
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Metode, Lagu Wajib Nasional
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 24 Jul 2020 07:50
Last Modified: 24 Jul 2020 07:50
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6282

Actions (login required)

View Item View Item