Pramono, Widi (2020) RWA. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (230kB) |
|
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL Widi Pramono.pdf Download (1MB) |
Abstract
“RWA” adalah karya tari yang terinspirasi dari tokoh Pitutur Djati dalam Panji. “RWA” diambil bahasa Sansekerta yang berarti dua. Nilai dua dimaksud dalam karya ini adalah nilai pengendalian diri pada tokoh Pitutur Djati yang diterapkan di diri penata tari sebagai media refleksi. Sudut pandang yang diambil penata tari mengenai tokoh Pitutur Djati sebagai media refleksi diri adalah dari perjalan tokoh Pitutur Djati dalam pengembaraannya mencari anak angkatnya yang hilang di Kaindran (khayangan). Di cerita Panji dalam perbandingan serat kandha sangat tergambar dengan jelas perubahan tokoh Pitutur Djati dari sosok Dewa utama menjadi sosok Pamomong putra raja atau Abdi Dalem. Karya “RWA” menggunakan dua penari satu penari laki – laki dan satu penari perempuan, dimaksudkan sebagai simbol wujud tokoh Pitutur Djati dalam prespektif lain serta menghadirkan topeng wujud perubahan karakter. Karakter topeng yang dihadirkan dalam karya “RWA” ini ada beberapa karakter seperti topeng kembar, topeng kain, topeng latek, dan topeng pentul. Sumber gerak diambil dari karakter topeng tokoh Pitutur Djati, oleh karena itu ada beberapa esensi karakter yang menurut penata bisa terwakilkan dalam beberapa aspek esensi gerak seperti gerak membumi, gerak saling mengisi, dan melayang. Busana yang digunakan juga masih berpijak pada konsep “RWA” (dua) yaitu menggunakan pengelolaan dua warna hitam dan putih. Musik yang di gunakan dalam karya “RWA” yaitu live MIDI (Musical Instrument Digital Interface) dan ada beberapa nuansa musik noise serta instrument Gender, Bedug, Multiplay Percusion. Setting dan properti yang digunakan dalam karya “RWA” mencoba untuk merealisasikan konsep lain dengan media setting dan properti yaitu menggunakan kain putih panjang bergaris, pasir, topeng, serta jaring – jaring perca beRwarna. Berbagai pertimbangan konsep gagasan, visual, aspek pendukug seperti kinestetik, audio, properti, dan setting di harapkan dapat memberi informasi yang lebih komplit, serta pesan yang disampaikan terproyeksikan ke penonton lebih jelas. Harapan penata dalam penggarapan ini adalah kesadaran diri manusia dengan berbagai bentukan karakter pada diri pribadi tetap jujur, bersahaja, dan membumi dengan apapun yang dimiliki, dan tidak sombong dengan apa yang sudah dicapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#SENI TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | RWA, Perjuangan, Tari Duet | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | isti IS suratmi | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2020 07:16 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2020 07:16 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6292 |
Actions (login required)
View Item |