Vera, Trirani (2019) EMPRIT GANTIL. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2,3.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Download (395kB) |
|
Text
JURNAL Triani Vera.pdf Download (461kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
KARYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (674MB) | Request a copy |
Abstract
Karya Emprit Gantil menggambarkan tentang Mitos yang ada di daerah Jawa yaitu mitos burung kematian burung Emprit Gantil. Karya tari berpijak dari seekor burung Emprit Gantil dan seorang manusia yang saling berkaitan menurut mitosnya. Ketakutan dari manusia akan mitos yang ada di daerahnya membuat suatu ikatan dari pikirannya sendiri. Pikiran dari manusia membuat malapetaka bagi dirinya. Malapetaka yang ada dalam pikiran dapat hilang dengan doa dan keberanian. Metode yang digunakan dalam karya ini adalah metode dari buku Jacqueline Smith terjemahan Ben Suharto yang berjudul Komposisi Tari: Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru. Buku ini membahas menenai metode mencipta tari dengan tahap-tahap yang digunakan untuk menciptakan karya tari. Tahap-tahap yang digunakan adalah tahap Eksplorasi yaitu tahap mencari gerak atau penjelajahan gerak, tahap Improvisasi merupakan tahap mencoba-coba gerak, tahap Komposisi merupakan tahap penyusunan gerak, dan tahap Evaluasi merupakan tahap pembahasan kesalahan yang dilakukan diproses saat itu agar proses selanjutnya dapat diperbaiki. Metode ini sangat membantu penata dalam menyelesaikan Tugas Akhir karya tarinya. Koreografi ini bertipe dramatik. Gerak-gerak yang digunakan mengimitasi dari gerak burung dan gerak-gerak manusia yang ketakutan dan kesakitan. Karya tari ini disajikan dalam bentuk koreografi kelompok, didukung dengan tujuh penari putri. Penggunaan tujuh penari putri dikarenakan tembang yang akan menjadi ciri khas karya tari ini merupakan tembang dengan nomor urut ke tujuh yaitu tembang Dhandhanggula. Tujuh penari ini dibagi dalam dua tokoh yaitu enam tokoh untuk menggambarkan burung Emprit ganthil dan satu tokoh untuk menggambarkan tokoh manusia. Musik yang mengiringi karya ini merupakan musik langsung atau live. Karya tari ini menggunakan trap yang disusun tinggi di belakang. Tata cahaya dalam karya ini memainkan suasana menegangkan dengan menggunakan warna merah di satu adegan saat manusia merasa dikendalikan burung Emprit Gantil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231# | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Koreografi kelompok, mitos Jawa, Emprit Gantil | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | sri SE endarti | |||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2020 04:28 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2020 04:59 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6327 |
Actions (login required)
View Item |