Perancangan Buku Pop Up Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Multikultural

Octaliani, Ade (2019) Perancangan Buku Pop Up Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Multikultural. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_octa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Jurnal_Octa-2019.pdf

Download (885kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara multikultural terbesar di dunia, yang memiliki tingkat keberagaman sosial yang tinggi, namun rentang dengan konflik berlatar belakang SARA yang dapat mengakibatkan perpecahan kesatuan NKRI. Konflik atau kasus intoleransi bersifat multidimensi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat menjadi pelaku. Konflik ini biasanya diakibatkan oleh perbedaan pendapat dan pandangan, yang artinya seseorang atau kelompok yang tidak bisa menerima perbedaan orang lain atau kelompok lain. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan pendidikan. Pendidikan adalah media yang tepat sebagai usaha penanaman nilai-nilai atau pandangan, pengetahuan dan kesadaran pluralis akan budaya dalam masyarakat. Pendidikan multikultural adalah ilmu yang cocok digunakan untuk menanamkan hal tersebut, sehingga pendidikan multikultural sangatlah penting dan relevan untuk direalisasikan di Indonesia. Terutama bagi anak-anak, karena mereka merupakan calon generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya menyiapkan mereka untukmenghadapi dan menyelesaikan konflik dengan baik di masa yang akan datang. Di sekolah dasar pendidikan multikultural masuk kedalam Mata pelajaran PPKN dan bersifat tekstual kurang menarik minat anak-anak. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan solusi untuk mengemas konten multikulturalisme sebagai media pembelajaran bagi anak yang berfokus pada keberagaman agama, suku dan asal-usul.Pengumpulan data dalam perancangan ini menggunakan tinjauan pustaka melalui media buku dan internet, serta metode analisis data menggunakan 5w+1h untuk menghasilkan analisis desain media yang tepat dan efektif.Hasil perancangan berupa buku pop-upcerita bergambar yang berjudul “Buku Harian Fatima” dengan konten yang ringkas, ilustrasi digital paintingdan terdapat beberapa tehnik pop-updidalamnya. Penggunaan tehnik pop-up digunakan agar menarik minat anak-anak untuk membaca. Konten keberagaman yang dimuat dalam buku pop-upcerita bergambar “Buku Harian Fatima” ini selalu relevan dengan kondisi sosial di Indonesia, sehingga selalu mempunyai kesempatan untuk terus berkembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Octaliani, AdeUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuwasono, Arif Agungnidn0016116701
UNSPECIFIEDBajraghosa, Terranidn0012048103
Department: KODEPRODI90241#
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 09 Sep 2020 05:05
Last Modified: 09 Sep 2020 05:05
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6386

Actions (login required)

View Item View Item