Strategi Kreatif Buku Pop-Up Sebagai Medium Komunikasi Visual

Alit Ayu Dewantari, 132 0786 412 (2015) Strategi Kreatif Buku Pop-Up Sebagai Medium Komunikasi Visual. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB III (#1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
8_BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pop-up merupakan suatu terobosan dalam strategi penyampaian pesan melalui media buku. Terobosan ini mampu memberikan kualitas penyajian yang mungkin saja tidak dapat dijelaskan secara dua dimensi. Melalui teknik yang sedemikian rupa, pop-up mampu mengeksplor ruang tiga dimensi dalam penyajiannya pada buku, bahkan juga mampu menampilkan bidang yang dapat bergerak ketika halaman buku dibuka atau ditutup. Unsur yang sedemikian rupa mampu memberikan efek keterkejutan dan ketertarikan bagi pembacanya. Beberapa penelitian mengenai keefektifan buku pop-up dalam membantu transformasi atau penyampaian pengetahuan, menghasilkan hasil yang sangat baik apabila dibandingkan dengan buku-buku konvensional. Pop-up mampu mempermudah pembaca dalam menyerap konten buku. Kenyataan tersebut dapat disikapi sebagai peluang bagi para disainer untuk mengembangkan dan atau menggunakan ide pop-up sebagai alternatif dalam merancang. Namun yang perlu dicermati oleh disainer adalah strategi kreatif pop-up yang dapat diterapkan. Berangkat dari hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif yang diterapkan pada buku pop-up, dalam membantu penyampaian pesan atau pengetahuan dalam buku secara lebih dekat dengan pengalaman konkrit. Penelitian ini juga menitik beratkan pada nilai lebih dari pop-up, mengetahui sisi-sisi kontribusi pop-up di balik sensasi yang dihasilkannya. Pop-up memiliki berbagai macam strategi kreatif yang diterapkan pada teknik, komposisi, visual, serta warna. Strategi tersebut secara efektif dapat diterapkan dalam tahap proses perancangan buku pop-up. Nilai-nilai lebih tersebut diharapkan dapat dijadikan suatu objek atau medan tantangan bagi disainer dalam menggali temuan baru dalam berkomunikasi visual.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM
Alit Ayu Dewantari, 132 0786 412UNSPECIFIED
Department: Magister Dalam Bidang Seni, Minat Utama Disain Komunikasi Visual, Program Penciptaan Dan Pengkajian Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: strategi kreatif, buku, pop-up, disainer, komunikasi visual, teknik, komposisi, visual, warna
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 05 Oct 2015 03:20
Last Modified: 05 Oct 2015 03:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item