Gamelan Untuk Anak Usia Taman Kanak-Kanak Versi Suhirdjan Ditinjau Dari Aspek Organologi

Shalavita Koapaha, Verita (2012) Gamelan Untuk Anak Usia Taman Kanak-Kanak Versi Suhirdjan Ditinjau Dari Aspek Organologi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

. Gamelan renteng dirancang secara khusus untuk anak karena mereka merasa nyaman dalam bermain gamelan. Anak TK tidak memiliki kesulitan bermain gamelan karena jarak anggota tubuh dengan ricikan telah disesuaikan dengan kebutuhan anak. Rancakan yang kecil dan ringan dengan diberi pegangan, memudahkan pelatih dan anak-anak untuk memindahkan atau membereskan gamelan setelah selesai bermain. Selain itu, adanya tutupan pada sebagian rancakan seperti kelompok saron, kelompok bonang, kempul dan gong menjadikan bilah gamelan awet dan tidak mudah kotor. Proses pembuatan gamelan anak untuk usia TK versi Suhirdjan pada dasarnya memiliki tahapan seperti proses pembuatan gamelan ageng berbahan besi atau kuningan pada umunya. Bedanya dengan gamelan ageng pada umumnya, pembuatan gamelan untuk anak tidak ada ricikan bentuk bunderan dan tidak mengalami tahap pembentukan dengan dicor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Shalavita Koapaha, Veritanim0510362012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDTeguh, Teguhnidn0008085807
Department: KODEPRODI91611#Karawitan
Uncontrolled Keywords: Gamelan, anak TK, Suhirdjan
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 24 Sep 2020 03:30
Last Modified: 24 Sep 2020 03:30
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6476

Actions (login required)

View Item View Item