Penciptaan Tokoh Nunung Dalam Naskah Tiga Dara

Sri Rahayu Susanti, NIM.1110645014 (2015) Penciptaan Tokoh Nunung Dalam Naskah Tiga Dara. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (885kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Film merupakan bagian dari seni pertunjukan yang tidak lekang oleh waktu. Dunia perfilman Indonesia yang memiliki sejarah yang panjang, menarik untuk diangkat dalam sebuah pertunjukan teater. Film Tiga Dara yang dibuat oleh usmar ismail pada tahun 1956 menjadi film yang menarik unutk di alih wahanakan dalam panggung teater. Film yang bercerita tentang keluarga dan masalah percintaan Tiga Dara antara Nunung dan Nana ini cukup ringan dan menarik untuk diangkat dalam pementasan teater. Pertunjukan Tiga Dara mencoba menangkap peristiwa sosial yang terjadi di masa itu tentu tidak hanya sebatas percintaan remeh temeh saja yang menjadi pokok bahasan, tapi juga permasalahan sosial, kondisi politik, dan hal-hal lain diluar percintaan. Hal-hal tersebut ditunjukkan dalam tokoh-tokoh yang hadir, seperti Nunung yang mewakili zaman sebelum kemerdekaan, Nana yang mewakili zaman setelah kemerdekaan, dan Neni yang mewakili zamannya sendiri. Begitu juga dengan tokoh yang lain seperti Toto, Herman, Sukandar, Nenek, dan yang lainnya. Mereka bukan hanya sebatas tokoh realis yang tidak memiliki arti, tapi mereka menyimbolkan sesuatu yang lebih. Dalam pertunjukan Tiga Dara yang dibawakan secara realis ini, mencoba menangkap semiotika-semiotika yang dimunculkan di dalam film Tiga Dara dan mewujudkannya dalam pertunjukan. Tokoh Nunung yang menjadi tokoh utama dalam pertunjukan ini yang menjadi simbol dari banyak hal, mencoba untuk divisualkan di panggung dan menjadi alat komunikasi dan penghantar informasi bagi penonton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Sri Rahayu Susanti, NIM.1110645014UNSPECIFIED
Department: Program Studi Teater Jurusan Teater Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: Film, Tiga Dara, Panggung Teater, Zaman, Nunung, Simbol, seni pertunjukan, permasalahan sosial, semiotika,
Subjects: Teater > Penciptaan (penyutradaraan, penataan artistik, penulisan naskah,pemeranan)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 16 Oct 2015 03:33
Last Modified: 16 Oct 2015 03:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item