Hikmah Ziarah Sebagai Ide Penciptaan Seni Patung

Johan Nes, NIM 0811933 021 (2015) Hikmah Ziarah Sebagai Ide Penciptaan Seni Patung. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (621kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kehidupan ini telah dipengaruhi oleh modernisasi. Mulai dari ujung kota sampai ke ujung desa, kehidupan masyarakat telah berbaur dengan media-media modern. Teknologi dan informasi begitu mudah untuk dipergunakan oleh umat manusia saat sekarang ini melalui: televisi, internet, telepon seluler (Hand phone) dan lain-lain. Hal ini sampai ke desa-desa terutama semenjak listrik telah menjangkau daerah-daerah tersebut. Penulis juga secara pribadi akhirnya merasakan adanya pergeseran makna, bahkan bentuk kehidupan yang penulis jalani dari kecil sampai saat ini, terutama perjalanan perubahan tradisi yang sampai saat sekarang ini masih bisa penulis rasakan perbedaannya. Satu dari sekian banyaknya tradisi dalam masyarakat yang membekas di dalam diri penulis yang notabene beragama islam ialah tradisi ziarah kubur, yaitu suatu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh sekelompok orang atau keluarga tertentu yang mengunjungi kuburan untuk membersihkan dan mendoakan saudara-saudaranya yang telah meninggal dunia atau silaturrahim lintas dua dunia. Penulis masih mengingat peristiwa ziarah kubur ini menjadi tradisi yang sangat penting untuk dilakukan oleh keluarga penulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: spiritual art, hikmah ziarah, patung, art instalation, Empirik, Teknologi, informasi, televisi, internet, telepon seluler
Subjects: Seni Murni > Seni Patung
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Patung
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 23 Oct 2015 00:23
Last Modified: 23 Oct 2015 00:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item