JEJAK KOLONIAL BELANDA DALAM GAMBAR PROMOSI WISATA 1930-1940

Banindro, Baskoro Suryo (2019) JEJAK KOLONIAL BELANDA DALAM GAMBAR PROMOSI WISATA 1930-1940. BP ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
siang asli besar iki buku unesco 15 x 23 cm.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Pages from siang asli besar iki buku unesco 15 x 23 cm.pdf

Download (356kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Buku ini membahas tentang media promosi wisata yaitu gambar seni cetak litografi di masa Kolonial Belanda. Tujuan penelitian untuk mengetahui makna bahasa rupa yang ada dalam gambar media promosi tersebut. Objek promosi yang dimaksud adalah gambar penginapan, gambar hasil budaya dan alam eksotik pedalaman insulinde yang dicetak antara tahun 1930 hingga 1940. Dengan metode sosio historis yang terdiri dari kajian sosial dan sejarah, data yang diperoleh dari studi literatur, kajian pustaka dan observasi lapangan akan dianalisis dengan pendekatan wacana kritis Teun A. van Dijk. Selanjutnya berdasarkan data yang ada, hasil penelitian akan diintepretasikan secara deskriptif kualitatif dan dipaparkan dengan pendekatan historiografi. Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa telah terjadi proses pembaratan dalam budaya visual di masa kolonial. Penggambaran media promosi wisata masa Hindia Belanda 1930-1940, telah melahirkan jejak seni cetak litografi promosi wisata bergaya art deco sebagai upaya modernisasi dalam mendukung modernitas dan memajukan pariwisata kolonialis Belanda yang modernistik di Hindia Belanda bagi pelancong orang-orang Eropa.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsNIM
Banindro, Baskoro Suryonidn0022056503
Uncontrolled Keywords: Promosi, Wisata, Kolonial Belanda
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:03
Last Modified: 20 Oct 2020 07:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7021

Actions (login required)

View Item View Item