PENYUTRADARAAN FILM "TANGAN-TENGEN" DENGAN GAYA SINEMA SUREALIS

Budiman, Arief (2019) PENYUTRADARAAN FILM "TANGAN-TENGEN" DENGAN GAYA SINEMA SUREALIS. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DATA FILM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL ARIEF BUDIMAN.pdf

Download (28MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91MB) | Request a copy
[img] Text
POSTER TANGAN TENGEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84MB) | Request a copy
[img] Video
KARYA ARIF BUDIMAN TELEVISI.rar
Restricted to Repository staff only

Download (5GB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penyutradaraan film "Tangan-Tengen" menerapkan gaya sinema surealis sebagai konsep utama dalam penyampaian cerita. Skenario film ini sendiri memiliki ide dasar yang bersumber dari sebuah potongan ayat di kitab suci, berkisah tentang kebohongan dan sebuah kondisi yang janggal. Melalui gaya sinema surealis, film ini tidak berusaha mengungkapkan sesuatu yang lian— fantasi—melainkan mengutarakan apa yang tidak berhasil diutarakan melalui kaidah-kaidah rasionalitas dalam kehidupan sehari-hari dan mengungkap sesuatu yang laten tanpa merusak misteri dari yang laten. Implementasi gaya sinema surealis sendiri dalam film "Tangan-Tengen" dapat ditemui pada beberapa elemen, diantaranya: aksi otomatis pada pemain, psikologi karakter, alam bawah sadar dan permainan realitas cerita, alegori politik dalam set dan kolase pada properti, tata rias dan kostum simbolis, serta pencahayaan sebagai pembatas realitas. Dengan menerapkan gaya ini penonton diharapkan mampu merefleksikan kembali apa yang telah dialaminya dalam keseharian dan membuatnya menjadi sebuah kesadaran kolektif. Film ini mencoba untuk menangkap kondisi sosial masyarakat Indonesia sebagai sebuah konteks yang diberikan dalam penggunaan surealisme di film. Kondisi yang dimaksud terbagi dalam beberapa tema bahasan; politik dalam keluarga, gadget yang menubuh, hasrat dan moral, agama dan teknologi, serta dampak negatif dari lingkungan sosial. Tema-tema tersebut diungkapkan dalam film dengan menggunakan psikoanalisis Freudian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Budiman, Ariefnim1210619032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLuthfi R., Alexandrinidn0012095811
Thesis advisorPrasetyowati, RR. Arinidn0027108004
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: Film, Sutradara, Sinema Surealis
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 20 Oct 2020 22:51
Last Modified: 05 Mar 2024 08:50
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7023

Actions (login required)

View Item View Item