Alvin Sani, Riqhi (2019) SOVIET MONTAGE SEBAGAI PEMBANGUN KONFLIK PADA PENYUTRADARAAN FILM FIKSI “KAPTEN PIXEL”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (989kB) |
|
Text
BAB II, III, IV, V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Download (180kB) |
|
Text
JURNAL RIQHI ALVIN SANI.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
COVER DVD FULL KAPTEN PIXEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
KAPTEN PIXEL - POSTER.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
LABEL DVD KAPTEN PIXEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) | Request a copy |
|
Video
KAPTEN PIXEL_RIQHI ALVIN SANI_2019.rar Restricted to Repository staff only Download (1GB) | Request a copy |
|
Video
KAPTEN PIXEL_TEASER.rar Restricted to Repository staff only Download (46MB) | Request a copy |
|
Video
KAPTEN PIXEL_RIQHI ALVIN SANI_2019.rar Restricted to Repository staff only Download (1GB) | Request a copy |
Abstract
Sovie montage menjadi teknik yang mengupayakan secara maksimal kekuatan visual yang dipotensikan dalam suatu film. Makna akan tercipta dari deretan gambar yang disajikan di suatu sequence. Pengalaman artistik kreator dapat tereksplorasi apabila teknik ini yang ingin dicapai. Film berbicara tentang konflik. Maka, konflik juga dapat diceritakan melalui soviet montage, untuk menggambarkan makna yang lebih dalam secara visual. Karya ini mengalami banyak perubahan dari segi desainnya. Gambar-gambar yang hadir dalam berbagai montage sequence terus mengalami perubahan seiring ide dan inspirasi yang didapat. Oleh karena itu, tahap praproduksi menjadi tumpuan yang penting dalam prosesnya. Adapun proses produksi, paska produksi, dan penulisan mengalami penyesuaian terhadap desain produksi yang dibuat saat pra produksi. Tidak adanya sistem baku dalam interpretasi naskah untuk menciptakan soviet montage menjadikan tahap eksplorasi menjadi lama dan tanpa batas. Pembatasan tersebut harus dilakukan oleh diri sendiri. Pada akhirnya pun, desain yang hadir bukan berarti memiliki kepastian terhadap penonton memahami apa yang dimaksud oleh kreator. Meskipun demikian, sifat kedalaman interpretasi terhadap soviet montage sequence adalah salah satu kelebihan yang dimiliki teknik tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | montage, konflik, film, fiksi | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | sri SE endarti | |||||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2020 03:10 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2020 02:26 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7069 |
Actions (login required)
View Item |