Perancangan Komunikasi Visual Untuk Kampanye Kesadaran Anak Dewasa Awal Mendukung Ibu Pada Fase Sarang Kosong

ELSERISA, Lily (2020) Perancangan Komunikasi Visual Untuk Kampanye Kesadaran Anak Dewasa Awal Mendukung Ibu Pada Fase Sarang Kosong. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (844kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Fase sarang kosong (empty nest) dialami oleh ibu pada usia dewasa tengah (40-60 tahun) saat anak-anak pergi meninggalkan rumah dan memulai hidup barunya. Fase ini menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi ibu dan menimbulkan implikasi pada masalah kesepian, kesedihan yang persisten, perasaan ketidakbergunaan, dan kekosongan. Apabila dampak tersebut tidak diatasi dapat mengganggu kesehatan mental dan fisiknya. Ibu membutuhkan dukungan sosial dalam bentuk komunikasi yang intensif dari anaknya. Kesibukan harian membuat anak dewasa awal sering lalai untuk berkomunikasi dengan ibunya. Komunikasi visual untuk kampanye kesadaran mengenai topik ini pun masih sangat terbatas. Perancangan ini bertujuan untuk merancang komunikasi visual untuk kampanye kesadaran anak dewasa awal mendukung ibu pada sarang kosong. Perancangan ini dikerjakan dengan metode perancangan Design Thinking (Brown, 2008) yang dipadukan dengan strategi penyampaian pesan dan pemilihan media (Kasilo, 2008) dengan tiga tahapan besar yakni, inspirasi, ideasi, dan implementasi. Hasil dari perancangan adalah komunikasi visual untuk kampanye kesadaran berjudul “Keluar Sarang” melalui media: tantangan Instagram Story, cergam dalam bentuk Instagram Multiple Post, ambient media-piring, poster, gantungan baju, mug, paket stiker, dan bantal. Melalui proses perancangan, penulis menemukan bahwa komunikasi visual untuk kampanye kesadaran dengan target audiens anak dewasa awal harus bersifat persuasif, komunikatif, dan sinergis.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM
ELSERISA, Lilynim1821156411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHarsanto, Prayanto Widyonidn0011026307
Department: KODEPRODI91101#Penciptaan Dan Pengkajian Seni
Uncontrolled Keywords: Ibu, Kampanye Kesadaran, Komunikasi Visual, Sarang Kosong
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 10 Nov 2020 07:03
Last Modified: 10 Nov 2020 07:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7118

Actions (login required)

View Item View Item